Sukabumi Update

6 Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

SUKABUMIUPDATE.com - Jahe Merah atau Guduchi merupakan salah satu tumbuhan herbal yang diketahui banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Berbagai khasiat dari Jahe Merah berasal dari kandungan minyak atsiri dan senyawa bioaktif yang beragam diantaranya gingerol, shogaols dan paradols. 

Senyawa bioaktif tersebut bekerja sebagai antioksidan, anti radang, anti bakteri anti jamur dan anti kanker.

Selain itu,tumbuhan herbal ini juga diketahui dapat meredakan nyeri dan demam secara alami.

Karena khasiatnya yang cukup banyak, maka tidak heran Jahe Merah kerap kali dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyak. Diantaranya yaitu:

Baca Juga :

1. Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

photoIlustrasi Sel Kanker Payudara - (Unplash)</span

Jahe merah sudah diketahui memiliki sifat antikanker dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, diantaranya yaitu, kanker usus, lambung, payudara dan prostat.

Walaupun begitu Jahe ini belum dapat menggantikan peran untuk penanganan kanker yang lain, seperti kemoterapi, operasi dan terapi radiasi.

2. Mampu Meredakan Rasa Nyeri

photoIlustrasi Nyeri Sendi - (Freepik)</span

Manfaat selanjutnya dari jahe merah yaitu mampu meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan nyeri pada sendi juga otot. 

Beberapa penelitian mengatakan jika ekstrak dari Jahe Merah dapat membantu mengurangi nyeri sendiri yang diakibatkan oleh radang sendi atau osteoarthritis.

Manfaat tersebut diduga karena kandungan zat antiradang dan pereda nyeri yang terdapat pada Jahe Merah.

3. Dapat Meredakan Nyeri Haid

photoIlustrasi Nyeri Haid - (Pexels.com)</span

Selain meredakan nyeri pada otot dan sendi, sifat antiradang yang terdapat pada Jahe Merah juga mampu membantu meredakan nyeri haid yang parah.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan jika manfaat dari Jahe Merah ini hampir sama efektifnya dengan obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen.

Jadi untuk kaum hawa yang sering mengalami nyeri haid yang parah, kamu dapat mencoba mengkonsumsi jamu atau teh dari jahe merah selama kurang lebih tiga hari dengan dosis dua cangkir perharinya.

4. Menghambat Pembekuan Darah

Sebuah penelitian juga mengatakan jika tumbuhan herbal ini dapat menghambat pembekuan darah baru dan dapat juga meningkatkan sintesis jumlah sel darah merah pada tubuh manusia.

Hal itu dikarenakan kandungan senyawa flavonoid, asam ganoderat yang terdapat dalam Jahe Merah, sehingga tumbuhan ini sangat berguna untuk melawan penumpukan plak pada arteri dan juga baik untuk mencegah penggumpalan darah.

5. Mengatasi Rasa Mual dan Mabuk

photoIlustrasi Mabuk dan Mual - (rac.co.uk)</span

Jamu atau teh herbal Jahe Merah memang sudaah dikenal sejak dulu sebagai salah satu obat untuk mengatasi masalah pencernaan diantaranya seperti, sakit perut, mual, kembung dan sembelit.

Meskipun aman untuk dikonsumsi, namun bagi ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan dulu kepada dokter kandungan sebelum mengkonsumsi minuman jahe ini.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

photoIlustrasi Mulut - (Freepik)</span

Berkat kandungan senyawa bioaktif yang disebut gingerol membuat Jahe Merah memiliki manfaat untuk kesehatan gigi serta mulut.

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa gingerol memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa melawan bakteri, jamur serta virus yang menjadi penyebab penyakit pada mulut. 

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI