Sukabumi Update

Awas! 5 Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

SUKABUMIUPDATE.com - Tahukah Anda? Tidak semua jenis minuman dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Pharmaceutical Journal menjelaskan efek samping mengkonsumsi berbagai minuman untuk 'menemani' obat padat seperti pil, kapsul, atau tablet.

Melansir dari tempo.co, studi ini menggunakan lima merek obat yang semuanya untuk menghilangkan rasa sakit, peradangan atau alergi. 

Para peneliti menguji beberapa minuman seperti kopi, jus jeruk, minuman energi dan soda.

"Minuman yang diuji ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti air putih saat menelan obat," menurut peneliti. 

Alasannya, di hampir semua kasus, minuman ini secara signifikan meningkatkan waktu hancur obat, yang dapat menyebabkan obat larut sebelum dirancang untuk diserap tubuh. 

Tentunya ini dapat mempengaruhi kemanjuran obat untuk meredakan gejala dan kemungkinan masalah lainnya.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Obat. - (via newscientist.com)</span

Dikutip dari eatthis.com, berikut lima minuman yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan padat.

1. Kopi

Studi ini mempertimbangkan dua variabel suhu minuman, 41 derajat Fahrenheit (5 derajat Celcius) dan 100 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius). 

Kopi tidak hanya mengandung senyawa kuat dan kafein yang berpotensi menyebabkan interaksi obat, tetapi penelitian menunjukkan minuman panas, seperti kopi, dapat mengubah kimia obat dan waktu hancur.

2. Jus jeruk 

Dikenal memiliki kandungan Vitamin C yang baik bagi tubuh, jus jeruk mungkin menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi saat cuaca buruk. 

Namun dalam penelitian ini, peneliti menemukan jus jeruk adalah salah satu minuman utama yang mempengaruhi pelepasan obat yang sebanding dengan Tylenol (paracetamol).

3. Soda

Sudah tidak perlu diingatkan lagi bahwa sebagian besar minuman soda berdampak tidak baik pada kesehatan. 

Dalam penelitian ini digunakan soda jenis cola. Minuman ini disebut mempengaruhi disintegrasi sebagian besar obat, kecuali untuk mengobati gejala alergi.

4. Minuman energi

Ketika kondisi tubuh tidak fit 100 persen, orang mungkin akan meminum sesuatu untuk menambah semangat. 

Namun, minuman energi juga termasuk di antara minuman yang menurut para peneliti harus dihindari untuk meminum obat-obatan tersebut.

5. Buttermilk

Ini memang bukan minuman yang sering ditemui di rumah, tapi peneliti juga mengujinya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa minuman susu secara umum tidak ideal untuk diminum bersama obat-obatan.

Sumber: tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI