Sukabumi Update

6 Makanan yang Cocok untuk Redakan Pilek dan Batuk

SUKABUMIUPDATE.com - Pilek dan Batuk sudah menjadi penyakit langganan saat memasuki musim hujan.

Kondisi demikian memang cukup membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan untuk redakan pilek dan batuk.

Dilansir dari Suara.com, berikut adalah daftar makanan yang dapat meredakan kita dari pilek dan batuk.

1. Jus SayuranphotoJus Sayuran - (Unsplash)

Antioksidan merupakan senyawa bermanfaat yang terdapat dalam buah dan sayuran. Fungsinya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pemulihan dari penyakit seperti batuk, pilek dan flu.

Jus sayuran termasuk alternatif ketika Anda tidak ingin makan makanan padat saat sakit. Kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Pilih jus sayuran versi rendah sodium untuk mengurangi konsumsi garam berlebih. Jika jus sayuran bukan pilihan Anda, Anda bisa mendapatkan antioksidan dari segelas jus buah 100% alami.

2. Sup Ayam HangatphotoSup Ayam Jahe - (Pinterest)<

Sup ayam adalah makanan yang baik untuk meredakan batuk dan pilek. Senyawa dalam sup ayam bekerja sama dengan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menyeruput sup ayam panas meningkatkan fungsi struktur seperti rambut di saluran hidung yang melindungi dari bakteri dan virus.

3. Bawang putihphotoIlustrasi Bawang Putih - (Unplash.com)

Saat Anda membuat sup ayam atau makanan olahan lain, masukkan bawang putih ke dalamnya.

Bawang putih tak hanya menambahkan rasa pedas pada makanan, tetapi juga kaya akan senyawa yang meningkatkan kekebalan untuk mencegah pilek dan batuk.

4. JahephotoIlustrasi Jahe - (Sumber Freepik)

Banyak orang tahu bahwa jahe adalah obat rumahan yang terbukti mengatasi mual dan sakit perut. Jahe juga bagus untuk mengurangi peradangan.

Anda dapat mengiris jahe segar dan menyeduhnya sebagai teh maupun menambahkan jahe parut segar atau bubuk jahe ke dalam makanan.

5. TehphotoIlustrasi Teh - (Pexels)

Ada berbagai macam teh yang tersedia, mulai dari teh hitam, hijau, hingga oolong, atau hitam. Pilihlah sesuai selera Anda. Teh yang kaya antioksidan akan membantu menenangkan rasa sakit.

Menyeruput cairan panas bisa membantu mengencerkan lendir, sedangkan menghirup uapnya membantu membersihkan saluran hidung. Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam teh yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

6. WortelphotoIlustrasi Wortel - (Pexels.com)

Wortel kaya akan beta-karoten, yaitu antioksidan yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kekebalan tubuh.

Wortel adalah salah satu sumber beta-karoten terbaik bersama dengan buah dan sayuran berwarna oranye lainnya termasuk ubi jalar, melon, butternut squash, dan mangga.

Sumber: Suara.com 

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI