Sukabumi Update

Sudah Tahu? Ternyata Makan Buah Setelah Jam 4 Sore Berbahaya!

SUKABUMIUPDATE.com - Buah adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Bahkan memakan dua porsi buah segar dalam sehari dapat membuat kamu tetap sehat serta bugar.

Selain itu, mengkonsumsi buah juga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kerja organ tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bahwa memakan buah juga memiliki waktu idealnya sendiri agar manfaat yang diperoleh tubuh menjadi lebih maksimal.

photoIlustrasi Buah-buahan - (Pexels.com)</span

Melansir dari suara.com, kamu harus mengkonsumsi buah sebelum matahari terbenam, supaya mampu menyerap nutrisi dan manfaat dari buah lebih maksimal.

Pelatih gaya hidup dan kebugaran, Luke Coutinho memberi tahu efek positif dari mengkonsumsi buah-buahan sebelum matahari terbenam atau sebelum jam 4 sore.

Luke mengatakan makan buah di malam hari bisa mengganggu jadwal tidur dan mengganggu proses pencernaan seseorang. Karena, kebanyakan buah juga karbohidrat sederhana yang bisa dipecah.

Baca Juga :

Buah adalah sumber energi instan yang hebat dan bisa meningkatkan kadar gula darah pada waktu bersamaan. Tapi, memakan buah mendekati waktu tidur bisa mengganggu tidur jam tidur kamu, karena kenaikan gula darah.

Selain itu, dilansir dari Times of India, sistem metabolisme tubuh kita juga cenderung melambat dan sulit mencerna karbohidrat setelah matahari terbenam. Jadi, lebih baik membatasi asupan karbohidrat di jam-jam sore.

Menurut Luke, waktu terbaik makan buah adalah pagi hari saat perut kosong. Karena mengkonsumsi makanan sehat di pagi hari dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih efisien dan memulai metabolisme.

photoBuah-buahan - (Pexels.com)</span

Bila kamu senang mengkonsumsi buah bersamaan dengan makanan lainnya, baik makanan ringan maupun berat. Maka, kamu harus menunggu setidaknya 3,5 hingga 4 jam setelah makan untuk mengonsumsi buah.

Perlu dipahami pula bahwa karbohidrat sederhana paling baik dikonsumsi di pagi hari. Lemak, protein, dan karbohidrat kompleks rendah paling baik dikonsumsi setelah matahari terbenam.

Sebaiknya, kamu juga mengkonsumsi buah-buahan dalam kondisi utuh tanpa ditambah minuman atau makanan lainnya, terutama susu dan sayuran.

Karena, makan buah bersamaan dengan susu dan sayuran bisa menyebabkan pembentukan racun dalam tubuh.

Baca Juga :

Hal itu terjadi karena pencernaan buah yang tidak tepat dan penyerapan nutrisi yang rendah. Sehingga, racun dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

source: suara.com 

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI