Sukabumi Update

Jangan Anggap Remeh Jalan Kaki! Ternyata Inilah 5 Manfaatnya

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan kaki sebenarnya merupakan olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran, menjaga fisik serta mencegah seseorang terkena penyakit tertentu.

Aktivitas ini dapat kamu lakukan dimanapun dan kapanpun, bahkan dapat dilakukan saat kamu sedang hangout bersama teman atau keluarga.

photoIlustrasi Jalan Kaki - (Unplash.com)</span

Lantas apa saja manfaat dari jalan kaki yang sering disepelekan itu? Melansir dari suara.com, inilah lima manfaat jalan kaki.

Baca Juga :

1. Membakar Kalori

Berjalan kaki dapat membantu membakar kalori, bahkan bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan.

Pembakaran kalori ini sebenarnya bergantung pada beberapa faktor, mulai dari kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, medan yang ditempuh, dan berat badan kamu.

Jadi untuk kamu yang sedang diet, cobalah untuk rutin berjalan kaki agar dapat membantu penurunan berat badan mu.

2. Meringankan Nyeri Sendi

Berjalan kaki dapat membantu melindungi area persendian, termasuk lutut dan juga pinggul. Bahkan, ini juga membantu melumasi dan memperkuat otot-otot untuk menopang persendian.

Dengan berjalan kaki, ini dapat memberi manfaat bagi penderita arthritis, salah satunya dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah radang sendi.

3. Mengurangi Penyakit

photoIlustrasi Flu - (Pexels.com)</span

Berjalan kaki dapat mengurangi risiko kamu terkena pilek dan flu. Hal itu telah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu, di mana mereka yang berjalan kaki selama 30 - 45 menit sehari, memiliki 43 persen lebih sedikit terkena infeksi saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Energi

Berjalan kaki dapat meningkatkan energi yang ada pada tubuh, dimana ini dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh, serta meningkatkan kadar kortisol, epinefrin dan norepinefrin.

Hormon ini merupakan komponen penting untuk menambah tingkat energi kamu.

5. Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Berjalan kaki dapat disebut berdampak untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian  menunjukkan, berjalan kaki dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi dan suasana hati yang negatif.

Selain itu, dampak positif lainnya juga dapat meningkatkan harga diri, serta mengurangi gejala menarik diri dari sosial.

source: suara.com 

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI