Sukabumi Update

4 Jenis Makanan Ini Bantu Atasi Depresi

SUKABUMIUPDATE.com - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 264 juta orang menderita depresi secara global. Gejala depresi dapat mencakup kesedihan, kelesuan dan kehilangan minat dalam hidup.

Mengutip dari suara.com, ada sejumlah cara untuk memerangi depresi. Faktanya, sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa gejala orang dengan depresi sedang hingga berat akan membaik ketika mereka menerima sesi konseling nutrisi dan makan makanan yang lebih sehat selama 12 minggu.

Nah, berikut empat makanan yang disarankan untuk membantu depresi Anda, seperti dilansir dari Lifehack.

Baca Juga :

1. Ikan Berminyak

photo(Ilustrasi) Ikan. - (Shutterstock/Evgeny Karandaev)</span

Ikan berminyak seperti salmon, sarden, herring, tuna ringan dan mackerel adalah sumber Vitamin D yang sehat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi. 

Manfaat kesehatan lainnya termasuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Jika Anda kehabisan energi, itu dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi mudah tersinggung yang dapat menyebabkan sejumlah perilaku negatif lainnya. 

Dan ini bukan jalur emosional yang ingin Anda lalui, terutama jika Anda sedang berjuang melawan depresi.

Kita memang mendapatkan sebagian besar vitamin D dari matahari tetapi sumber makanan juga penting. 

Sumber lain termasuk kuning telur, hati sapi dan produk susu yang diperkaya.

2. Sayuran

photo(Ilustrasi) Sayur-sayuran. - (iStock)</span

Makan sayuran dapat membantu jika Anda sedang berjuang melawan depresi. Sayuran berdaun gelap mengandung folat dan orang-orang yang mengalami depresi diketahui memiliki asupan folat yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengalami depresi.

Sayuran berdaun gelap juga mengandung vitamin A, C, E, dan K. Yang akan memberi Anda sejumlah manfaat sehat seperti menjaga fungsi otak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Mengkonsumsi bayam, kangkung atau arugula ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan mood Anda. Jika Anda bukan penggemar semua ini, Anda bisa memilih selada, brokoli, atau asparagus.

3. Kacang Kenari

photo(Ilustrasi) Kacang kenari. - (Unsplash/One Day)</span

Asam lemak omega-3 adalah sumber protein yang bagus untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah yang sehat, salah satu sumbernya adalah kacang kenari. 

Kandungan lemak esensialnya tidak dapat diproduksi di dalam tubuh manusia, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengkonsumsinya melalui makanan.

Kacang kenari penuh dengan Omega-3 dan mereka umumnya dikenal untuk mendukung kesehatan otak dan menurunkan tekanan darah. 

Faktanya, satu penelitian yang dilakukan antara 2005-2014 menemukan bahwa skor depresi 26 persen lebih rendah di antara mereka yang mengkonsumsi sekitar cangkir kenari per hari. 

4. Unggas

photo(Ilustrasi) Daging ayam. - (Eat This, Not That)</span

Ayam dan kalkun penting karena sejumlah alasan. Tidak hanya mengandung protein tanpa lemak untuk menjaga kesehatan, tetapi juga mengandung Triptofan. 

Tubuh menggunakan triptofan untuk membantu membuat melatonin dan serotonin. Melatonin membantu mengatur siklus tidur-bangun, sedangkan serotonin dianggap membantu mengatur nafsu makan, tidur, suasana hati dan rasa sakit.

Anda bahkan mungkin mengalami peningkatan kadar melatonin yang sehat, dalam bentuk tidur siang, setelah Anda makan malam dengan kalkun atau ayam. 

Faktanya, tiga ons dada ayam panggang menawarkan 123 persen dari asupan harian triptofan yang direkomendasikan.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI