Sukabumi Update

3 Tips Agar Pencernaan Lancar, BAB Rutin Tanpa Hambatan!

SUKABUMIUPDATE.com - Menurut para ahli, yaitu Vincent Pedre, rata-rata orang yang memiliki pencernaan yang sehat akan BAB (buang air besar) sebanyak tiga kali dalam hari.

Namun jika hal tersebut terdengar mustahil, bukan? Maka setidaknya Anda wajib buang air besar sekali dalam sehari. 

Tapi seandainya buang air besar sehari sekali pun terdengar sulit, maka Anda membutuhkan sedikit bantuan.

Mengutip dari tempo.co, hal-hal sederhana seperti perubahan rutinitas, makanan tertentu, dan bahkan stres, dapat mengganggu buang air besar secara teratur, tetapi dengan perhatian dan tindakan yang tepat, cukup mudah untuk mengembalikan semuanya ke jalurnya. 

Berikut adalah tiga tips utama dari ahli kesehatan usus untuk melancarkan pencernaan Anda.

Baca Juga :

1. Membuat Jadwal Tidur Tetap

photoIlustrasi Tidur - (Freepik)</span

Tidur pada waktu yang sama setiap malam dapat membantu menjaga keteraturan. 

"Perubahan pola tidur dapat mempengaruhi ritme sirkadian kita, yang mengontrol siklus tidur atau bangun dan pencernaan kita," kata ahli diet dan nutrisi, Tanya Zuckerbrot, kepada Mind Body Green. 

Ini  mungkin mengapa kebanyakan orang BAB di pagi hari. Setiap perubahan pada siklus tidur Anda dapat menyebabkan perubahan motilitas kolon, yang menyebabkan keterlambatan buang air besar.

2. Cobalah Mengkonsumsi Suplemen Probiotik

photoIlustrasi Mengkonsumsi Suplemen - (Freepik)</span

Dokter bersertifikat Taz Bhatia, merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen probiotik untuk membantu mengatur pencernaan Anda dan membangun mikrobioma usus yang lebih sehat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri menguntungkan ini membantu meningkatkan kecepatan perjalanan kotoran melalui usus. 

Untuk menjadikan probiotik sebagai bagian rutin dari rutinitas Anda, Bhatia menyarankan untuk mengkonsumsi probiotik berkualitas tinggi setiap pagi dengan sarapan smoothie.

3. Cobalah Puasa Intermittent

Puasa intermittent, juga disebut makan dengan batasan waktu, dapat membantu mengatur pencernaan, menurut dokter pengobatan integratif dan anggota mbg Collective Amy Shah, M.D.

"Karena kami mencoba untuk memberikan [usus] istirahat dari semua pencernaan yang telah dilakukan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk berpuasa setidaknya 16 jam," katanya 

"yang berarti Anda meninggalkan 16 jam. antara waktu makan terakhir Anda hari ini dan sarapan."

Misalnya, makan makanan terakhir hari itu pada jam 8 malam dan makan pertama hari itu pada pukul 12 siang hari berikutnya sama dengan puasa 16 jam. 

Ini juga menyisakan ruang di pagi hari untuk hidrasi yang tepat, yang dapat membantu mendukung pencernaan.

source: tempo.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI