Sukabumi Update

4 Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat

SUKABUMIUPDATE.com - Mata adalah organ penting bagi manusia. Penglihatan akan memudar seiring bertambahnya kebiasaan buruk dan penuaan. 

Menyukil dari tempo.co, merawat kesehatan mata sangat penting agar terhindar dari rabun jauh dan dekat.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga mata dan membantu mencegah kehilangan penglihatan atau rabun di kemudian hari. 

photo(Ilustrasi) Pemeriksaan kesehatan mata. - (iStock)</span

Berikut empat tips untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga :

1. Makan makanan seimbang

Pilih makanan tinggi antioksidan seperti vitamin A dan C sebagai bagian dari diet sehat, misalnya sayuran berdaun hijau dan ikan. 

Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting untuk kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

2. Tidur nyenyak

Ketika cukup tidur, Anda akan melihat perbedaannya. Anda akan terlihat sehat, berkinerja baik di rumah dan di tempat kerja. 

Tidur cukup akan membantu kesehatan mata. Tidur malam yang berkualitas membantu Anda mendapatkan beberapa keuntungan, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Selalu pakai kacamata hitam

Jangan hanya memakai kacamata hitam gratis yang didapatkan di konser. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan membeli kacamata hitam yang bagus dan akan melindungi mata dari sinar UV matahari. 

Katarak lebih mungkin terjadi jika terlalu banyak terpapar sinar UV. Saat membeli kacamata hitam berikutnya, cari yang menawarkan perlindungan UVA dan UVB 99-100 persen.

4. Hindari menyentuh mata yang tidak perlu

Hindari menggaruk mata saat tidak penting. Namun, jika harus menggaruk, lakukan dengan tangan yang bersih. 

Banyak kuman dan bakteri hidup di tangan dan dapat masuk ke mata, menyebabkan infeksi seperti konjungtivitis bakteri. Salah satu cara orang tertular virus flu adalah dengan mengucek mata.

Sumber: tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI