Sukabumi Update

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Telinga yang Terasa Menyakitkan

SUKABUMIUPDATE.com - Semua jenis jerawat rasa-rasanya memang mengganggu dan membuat seseorang tidak nyaman, namun jerawat di telinga lebih mengganggu dan sangat tidak disarankan untuk memencetnya.

Mengutip dari tempo.co, jerawat di dalam telinga sama seperti jerawat yang terbentuk di wajah, kata Marisa Garshick, asisten profesor klinik dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center, Amerika Serikat. 

"Jerawat itu terjadi karena alasan yang sama dengan jerawat di lokasi lain, seperti tingginya produksi minyak, pori-pori tersumbat, bakteri, atau peradangan," ujar dia, dikutip dari Livestrong, Senin, 28 Februari 2022.

photoIlustrasi Sakit Teling - (iStock)</span

Terkadang jerawat telinga bisa muncul begitu saja, seperti di hidung atau dagu. Tetapi faktor-faktor tertentu juga dapat membuat jerawat telinga lebih mungkin muncul. 

Salah satu faktor itu adalah sering menggunakan earbud atau headphone yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, terutama jika perangkat tidak dibersihkan secara teratur.

"Tidak membersihkan ponsel secara teratur juga dapat mentransfer bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat," kata Garshick.

Penumpukan kotoran telinga yang berat juga dapat berperan, karena kotoran juga dapat menyebabkan penumpukan minyak dan penyumbatan pori.

Meskipun menggoda, memencet jerawat selalu tidak boleh apalagi di telinga. 

"Ini dapat menyebabkan pada peradangan dan jaringan parut dan meningkatkan kemungkinan infeksi," Garshick memperingatkan.

Tapi ada hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat telinga lebih nyaman, seperti mengoleskan gel perawatan jerawat dengan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri di jerawat dan mengurangi kemerahan, menurut American Academy of Dermatology (AAD). 

Lalu, kompres hangat selama 10 hingga 15 menit untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit, tambah AAD.

Hindari juga memakai earbud atau earphone “Jika breakout itu menyakitkan, menghindari headphone akan meminimalkan gesekan di area tersebut,” kata Garshick.

photoIlustrasi Memakai Earbud - (Freepik)</span

Garshick mengingatkan untuk tidak mengoleskan pasta gigi ke jerawat. 

“Ini bisa mengeringkan dan mengiritasi,” tutur dia. 

Plus, beberapa pasta gigi mengandung bahan-bahan yang benar-benar dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk masalah jerawat, menurut AAD.

Namun, yang paling baik adalah mencegahnya dengan membersihkan telinga secara teratur dan menghindari masuknya kotoran dari luar.

Usahakan juga untuk menjaga kebersihan benda-benda yang masuk atau dekat telinga. Bersihkan earbud atau headphone secara teratur dan biasakan mendisinfeksi ponsel.

Jika menduga penumpukan kotoran telinga adalah penyebab jerawat, membersihkan saluran telinga tersebut juga dapat membantu. 

Tapi jangan membersihkannya dengan metode DIY, kata Mayo Clinic. Menggali kotoran dengan cotton bud bisa mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga.

source: tempo.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI