Sukabumi Update

Segudang Manfaat Sea Buckthorn yang Wajib Kamu Tahu!

SUKABUMIUPDATE.com - Sea Buckthorn merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan berwarna jingga yang tumbuh di pegunungan himalaya. 

Buah ini memiliki rasa manis sehingga banyak dipakai sebagai bahan untuk membuat selai, kue dan minuman.

Sea Buckthorn sebenarnya sudah dikenal sejak lama sebagai saah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Bahkan sekarang buah tersebut banyak dipakai sebagai salah satu bahan untuk produk skin care dan terbukti sangat menyehatkan kulit. 

Selain itu, sea buckthorn juga banyak dikemas dalam bentuk suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari alodokter, buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B1, B2, B6, C, E, kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan zat besi.

Lantas apa saja sih manfaat Sea Buckthorn? Melansir dari beberapa sumber, inilah segudang manfaatnya yang wajib diketahui.

Baca Juga :

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

photoIlustrasi Sakit Jantung - (Freepik)</span

Sea buckthorn mengandung senyawa antioksidan yang diyakini dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Ada beberapa penelitian juga mengatakan bahwa menggunakan ekstrak minyak sea buckthorn dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah serta menurunkan faktor pembekuan darah

2. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

photoIlustrasi Menurunkan Kadar Gula Darah - (Shutterstock)</span

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika minyak sea buckthorn dapat mencegah peningkatan kadar gula darah jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi.

Hal tersebut diyakini dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes serta dapat mengendalikan kadar gula darah pada seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam untuk memasukan efektivitasnya. Jadi sebelum mengkonsumsinya ada baiknya kamu tetep berkonsultasi pada dokter ya.

3. Mengatasi Atrofi Ms.V

photoIlustrasi Atrofi Miss V - (Freepik)</span

Atrofi miss v cukup umum dialami oleh wanita yang sudah menopause. Kondisi tersebut dapat menimbulkan beberapa keluhan, seperti miss v kering, gatal dan terasa perih.

Nah, ada sebuah penelitian menyebutkan jika kamu mengkonsumsi gel yang mengandung minyak sea buckthorn, lidah buaya, asam hialuronat, glikogen serta18 B-glycyrrhetic acid secara rutin dapat meredakan semua keluhan tersebut dan dapat meningkatkan fungsi seksual.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

photoIlustrasi Kulit Cerah - (Unplash.com)</span

Jika kamu ingin memiliki kulit sehat dan awet muda kamu dapat mengkonsumsi skin care yang mengandung sea buckthorn ya. 

Ekstrak dari buah tersebut dapat membantu merangsang regenerasi kulit, meningkatkan elastisitas kulit serta melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar ultraviolet

5. Dapat Mengatasi Gangguan Kulit

photoIlustrasi Luka - (Shutterstock)</span

Selain diyakini dapat menjaga kesehatan kulit, minyak sea buckthorn juga dipercaya dapat membantu penyembuhan luka, luka bakar, ulkus dekubitus serta dapat dijadikan sebagai terapi tambahan pada eksim atopik.

Nah itulah manfaat sea buckhorn yang wajib kamu tahu. Namun, kamu juga harus tau jika mengkonsumsi buah tersebut dapat menyebabkan keluhan tertentu.

Sehingga jika kamu ingin mencobanya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ya

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI