Sukabumi Update

Apakah Keramas Setiap Hari Aman Untuk Rambut? Berikut Penjelasan!

SUKABUMIUPDATE.com - Keramas menjadi cara untuk membersihkan rambut dari kotoran yang menempel. Ada orang yang keramas setiap hari dan ada juga orang yang melakukan keramas beberapa hari sekali.

Lalu manakah yang aman untuk rambut? Dikutip dari Suara.com, setiap orang memiliki jenis rambut dan kulit yang berbeda. Jadi, rambut beberapa orang bisa cepat berminyak dan menimbulkan ketombe.

Satu-satunya cara untuk menghilangkan minyak tersebut adalah dengan keramas.

Namun, banyak yang takut jika melakukannya setiap hari akan menyebabkan rambut kering, kerusakan, bahkan dapat membatasi pertumbuhan rambut.

Baca Juga :

Apoteker di Chemist Click for Mira Showers, Abbas Kanani, mengatakan seberapa sering keramas tergantung pada sampo yang digunakan, jenis rambut, dan berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit kepala.

Berikut beberapa aturan keramas yang bisa kamu lakukan.

1. Sesuaikan dengan Jenis Rambut

photoIlustrasi Rambut - (Freepik)</span

Wanita harus keramas mereka setiap satu sampai dua hari jika mereka memiliki kulit kepala berminyak.

Orang berambut tipis atau lurus juga perlu keramas dua hari sekali karena jenis rambut ini tidak memiliki tekstur dan minyak mudah menempel ke rambut.

Sementara jenis rambut afro harus mencuci sekitar satu hingga dua kali seminggu karena membutuhkan minyak untuk menjaga rambut tetap lembut, untuk mencegah kerusakan dan kering.

2. Keramas Sesuai dengan Kondisi Rambut

photoIlustrasi Rambut - (iStock)</span

Umumnya pria yang memiliki kekhawatiran bahwa keramas setiap hari akan menyebabkan kerontokan rambut. Namun, Kanani mengatakan hal itu tidak mungkin terjadi

"Sering keramas tidak akan menyebabkan kebotakan," jelasnya.

Dua hingga empat kali seminggu adalah yang dianjurkan untuk pria. Namun penggunaan produk rambut dapat menyumbat pori-pori dan mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan.

"Kekurangan minyak dapat mengeringkan dan merusak rambut. Jika rambut berminyak setelah satu hari, cucilah," sambungnya.

3. Jika Berketombe, Gunakan Shampo Khusus

photoIlustrasi Shampo - (Pexels.com)</span

"Sering keramas cenderung membuat ketombe lebih buruk. Namun, tidak cukup sering keramas bisa menyebabkan kulit kepala gatal, yang juga memperburuk ketombe," imbuh Kanani.

Kanani menyarankan untuk menggunakan sampo anti ketombe dua hingga tiga kali seminggu.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI