Sukabumi Update

Kontak Fisik hingga Lewat Benda Terkontaminasi Bisa Jadi Cara Penularan Kurap?

SUKABUMIUPDATE.com - Kurap merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Kurap umumnya ditandai dengan ruam melingkar berwarna merah yang sangat gatal pada permukaan kulit.

Dilansir dari suara.com, penyebab kurap yaitu jamur, yang menular melalui kontak langsung dengan penderita atau kontak tidak langsung dengan benda atau tanah yang terkontaminasi.

"Infeksi jamur biasanya menyebar melalui kontak langsung antara jamur dan kulit," ujar dokter kulit bersertifikat Jason Miller di Schweiger Dermatology Group.

Baca Juga :

Benda yang terkontaminasi contohnya matras yoga atau peralatan olahraga lain yang mungkin bersentuhan dengan kulit pemilik dalam waktu lama.

"Sebab, jamur dari kulit dapat berpindah ke benda tersebut," imbuh Miller, dilansir Insider.

photoIlustrasi Penyakit Kulit - (iStock)</span

Seseorang berisiko tinggi terkena kurap jika berbagi barang dengan orang lain, udara lembap dan panas, serta memakai pakaian ketat.

Siapa pun dapat terkena kurap, tetapi instruktur klinis dermatologi Hadley King dari Universitas Cornell mengatakan beberapa kelompok lebih mungkin terkena kurap, seperti:

Orang dengan sistem kekebalan lemah, orang yang tinggal di iklim hangat, orang dalam kelompok olahraga dengan banyak kontak kulit, seperti gulat dan sebagainya.

Selain itu, Miller menyarankan untuk berhati-hati dalam berbagi handuk, pakaian, atau tempat tidur dengan orang yang mungkin terinfeksi jamur.

"Sebab itu bisa menjadi faktor risiko," tandas Miller.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI