Sukabumi Update

4 Penyebab Umum Datang Bulan Berkepanjangan

SUKABUMIUPDATE.com - Datang Bulan atau menstruasi berkepanjangan (menorrhagia) adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada beberapa perempuan. Penyebabnya sendiri sebenarnya belum diketahui secara pasti.

photoIlustasi Kalender Datang Bulan - (Freepik)</span

Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Datang Bulan berkepanjangan, yang dikutip oleh suara.com dari laman Bocah Indonesia.

Baca Juga :

1. Hormon Tidak Seimbang

Salah satu penyebab menstruasi berkepanjangan adalah adanya ketidakseimbangan hormon. Kondisi hormon yang tidak seimbang, jaringan dinding rahim atau endometrium bisa meluruh berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan perdarahan berlebihan.

2. Fungsi Ovarium Mengalami Gangguan

Gangguan fungsi ovarium bisa menyebabkan produksi hormon progesteron dan estrogen terganggu. Kedua hormon tersebut memiliki peranan penting dalam mengatur menstruasi.

3. Endometriosis

photoIlustrasi Penderita Endometriosis - (Freepik)</span

Endometriosis adalah kondisi di mana terdapat pertumbuhan jaringan pada lapisan rahim (endometrium) yang tumbuh bukan pada tempatnya atau di luar rahim. 

Seorang wanita yang didiagnosa endometriosis mengalami nyeri haid sebelum dan sesudah menstruasi yang disertai perdarahan lebih banyak.

4. Radang Panggul

photoIlustrasi Radang Pinggul - (Freepik)</span

Radang panggul bisa menyebabkan perdarahan yang berlebihan. Radang panggul adalah kondisi terjadinya infeksi sehingga mengakibatkan peradangan pada organ reproduksi wanita.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI