Sukabumi Update

Suka Berenang? Ini Lho 7 Manfaatnya Untuk Tubuh

SUKABUMIUPDATE.com - Berenang menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres dan masih banyak lagi.

Tidak mengherankan karena saat berenang, hampir seluruh bagian tubuh akan digerakan agar badan tetap bisa mengapung di air. Selain itu, saat berenang kita akan dilatih untuk mengatur nafas.

Lalu, selain bermanfaat untuk jantung dan mengurangi stres, apalagi sih manfaat berenang untuk tubuh? Langsung saja simak tujuh manfaat berenang seperti dilansir dari laman Alodokter.

Baca Juga :

1. Membantu Turunkan Berat Badan

Dipercaya jika berenang selama satu jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori dalam tubuh. Itulah mengapa berenang dianggap bisa menjadi olahraga pilihan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Berenang juga baik untuk mengecilkan perut dan mengurangi jaringan lemak pada area perut serta bagian tubuh lainnya.

2. Meningkatkan Massa Otot

Saat berenang, maka hampir seluruh otot tubuh akan bergerak untuk melawan tekanan di dalam air.

Hal inilah yang menyebabkan olahraga tersebut dapat meningkatkan kelenturan serta massa otot tubuh.

Berenang dinilai baik untuk mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang, serta mampu membantu membentuk dan menguatkan otot dada.

3. Baik Untuk Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan jika berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Sehingga berenang dinilai baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga sistem pernafasan.

Berenang secara rutin dapat memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

photoIlustrasi anak berenang, anak olahraga. - (Shutterstock)</span

4. Membantu Kurangi Stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang terutama oleh mereka yang memiliki aktivitas harian yang padat.

Berenang dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya stres. Dalam sebuah penelitian menemukan jika berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat kamu jadi lebih rileks.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Sebuah studi yang dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukkan jika berenang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

Jika kamu mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berenang secara teratur agar tidur lebih nyenyak.

6. Membantu Kurangi Radang Sendi

Rasa nyeri akibat peradangan sendi bisa dikurangi dengan rutin melakukan olahraga renang sehingga aman dilakukan penderita arthritis.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

7. Mengatasi Syaraf Kejepit

Syaraf kejepit seringkali menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas. Jika dibiarkan, kondisi ini justru dapat menyebabkan otot menjadi lemah dan membuat sendi menegang.

Olahraga renang dinilai mampu mengatasi kondisi tersebut. Berbagai gerakan dalam olahraga ini mampu menjadikan otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI