Sukabumi Update

Tidak Hanya Menambah Pahala, Inilah 4 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan akan datang beberapa hari ke depan dan umat islam wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Selain bentuk kewajiban, ternyata puasa sendiri sebenarnya sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.

Sehingga selain menjalankan karena perintah agama dan untuk mendapatkan pahala, dengan berpuasa akan bermanfaat untuk kesehatan.

photoIlustrasi Berbuka Puasa - (Freepik)</span

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Aditya Dharma dari RS Lira Medika KArang dalam laman YouTubenya seperti yang dirangkum oleh suara.com.

1. Dapat Memperbaiki Kondisi Insulin

Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin. Sehingga dalam kondisi parah, mereka membutuhkan suntik insulin. 

Dr. Aditya mengatakan bahwa dengan berpuasa tubuh bisa mampu memperbaiki kondisi insulin. Dengan begitu akan membantu para penderita diabetes 

2. Bisa Menghilangkan Peradangan

Aditya juga mengatakan bahwa dengan berpuasa juga mampu menghilangkan peradangan. Ia melanjutkan, dengan membantu menghilangkan peradangan otomatis juga mengurangi risiko penyakit maag. 

Dengan berpuasa peradangan yang terjadi dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

3. Dapat Meningkatkan Hormon Growth

Berpuasa, menurut dr. Aditya juga membantu meningkatkan hormon growth. Hormon itu, menurutnya banyak membantu dalam masa pertumbuhan terutama pada anak dan juga remaja muda. Dengan berpuasa, growth hormon bisa meningkat.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat lain dari berpuasa, menurut Aditya juga membantu mengurangi risiko kanker. 

Aditya menjelaskan, bahwa dengan menjalankan ibadah puasa, seorang akan meningkatkan growth hormon yang pada gilirannya juga menumbuhkan sel secara maksimal. 

Dengan demikian risiko kanker jadi menurun.

Baca Juga :


SUMBER: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI