Sukabumi Update

Manfaat Coklat untuk Meredakan Kram Datang Bulan Menurut Ahli

SUKABUMIUPDATE.com - Selain jerawat, perut mulas, dan nyeri pada payudara, gejala datang bulan yang juga mengganggu adalah kram perut. Ada beberapa cara untuk meredakan nyeri tersebut, salah satunya adalah memakan coklat.

Obgyn Alyssa Dweck menjelaskan bahwa coklat memiliki beberapa mineral dan slem yang dapat membantu mengatasi kram perut yang disebabkan oleh datang bulan.

“Pertama adalah magnesium, yang berperan dalam relaksasi otot,” jelasnya, seperti dilansir dari tempo.co daro laman Purewow. 

“Kram menstruasi disebabkan oleh efek kontraksi otot dari prostaglandin pada otot rahim."

Jadi makan sesuatu dengan bahan yang dapat mengendurkan otot-otot yang berkontraksi adalah hal yang mudah. 

Selain itu, Coklat juga mengandung tembaga, yang menurut Dr. Dweck terkait dengan produksi endorfin, atau zat kimia yang membuat otak merasa nyaman.

photoIlustrasi Gangguan saat Datang Bulan - (Freepik)</span

“Cokelat hitam khususnya dikenal sebagai antioksidan, zat yang umumnya bermanfaat dalam memerangi radikal bebas dan kerusakan sel,” lanjutnya menjelaskan. 

“Senyawa flavanol yang ditemukan dalam coklat hitam kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan produksi NO (nitrat oksida) pada pembuluh darah, yang menyebabkan vasodilatasi (menurut penelitian di Jerman). Pelebaran pembuluh darah dapat membantu mengatasi kram.”

Lalu, dia mencatat bahwa kakao dalam coklat mengandung sejumlah kecil kafein, stimulan, yang menurut penelitian dapat membantu mengatasi kelelahan dan ketidaknyamanan datang bulang secara umum.

Baca Juga :

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kram datang bulan

1. Mengetahui kapan waktu datang bulan

photoIlustrasi Kalender Datang Bulan - (Freepik)</span

"Rekomendasi saya untuk kram termasuk mengantisipasi rasa sakit dengan kalender atau aplikasi menstruasi untuk mempersiapkan ketidaknyamanan sebelum terjadi dan menggunakan campuran perawatan ketika rasa sakit akhirnya tiba," ujar Dr. Dweck. Unduh aplikasi pelacakan menstruasi untuk perkiraan yang sangat akurat.

2. Memperhatikan kondisi kulit

photoIlustrasi Jerawat - (Freepik)</span

Kulit mungkin menjadi aneh menjelang datang bulan karena semua tingkat hormon yang berubah. Ekstra waspada dengan rutinitas perawatan kulit untuk mengatasi jerawat, terutama jerawat besar pada dahi.

3. Bantalan pemanas

photoIlustrasi bantalan pemanas - (Gettyimage)</span

“Bantalan pemanas sangat membantu dalam mengurangi dan meredakan kram karena ketika diterapkan, panas mendorong aliran darah untuk mengendurkan otot-otot rahim,” ujar Dr Dweck. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa menyiapkan botol air panas.

4. Ketahui batasan tubuhmu

photoIlustasi ketahui batasan tubuhmu - (Freepik)</span

Kamu pasti mengenal tubuh mu dengan baik daripada siapapun, dan menstruasi kamu adalah waktu yang tepat untuk benar-benar mendengarkannya. 

Bahkan jika seluruh dunia mengatakan bahwa olahraga  akan membuat kramkamu terasa lebih baik, jika kamu benar-benar tidak ingin pergi ke gym, jangan lakukan. 

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI