Sukabumi Update

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Atasi Sulit BAB di Bulan Ramadan

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan pencernaan seperti sulit BAB atau buang air besar kerap dialami beberapa orang di bulan ramadan, hal tersebut tak mengherankan mengingat di bulan ramadan waktu makan menjadi berubah dari biasanya.

Jika mengalami hal tersebut, melansir dari Suara.com, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, pastikan asupan air kamu cukup sesuai dengan berat badan, kurang lebih dua sampai tiga liter perhari.

Kedua, masukkan menu makanan berikut dalam menu sahur dan berbuka. Beberapa jenis makanan ini diketahui baik untuk kesehatan usus dan pencernaan sehingga mampu membantu kamu mengatasi sulit BAB.

Baca Juga :

1. Yogurt

photoIlustrasi Yogurt - (Freepik)</span

Dikutip dari Eatingwell, yogurt merupakan makanan yang mengandung banyak probiotik. Penelitian membuktikan, konsumsi probiotik bisa membantu menjaga kesehatan usus dan saluran cerna.

Kandungan probiotik pada yogurt membantu menjaga bakteri di usus tetap sehat, membuat BAB pun lancar.

Baca Juga :

2. Mengkonsumsi Ubi Jalar

photoIlustrasi Ubi Jalar - (Freepik)</span

Konsumsi ubi jalar, baik itu direbus, dipanggang, maupun dipotong tipis dan dijadikan keripik, bisa membantu menjaga kesehatan usus.

Ubi jalar mengandung serat yang sangat tinggi yang membantu fungsi usus mencerna makanan.

3. Apel

photoIlustrasi Buah Apel - (Unplash.com)</span

Satu buah apel sehari menjauhkan kamu dari risiko masalah pencernaan. Apel merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi.

Apel juga mengandung pektin, senyawa yang membantu proses penyerapan zat gizi dan nutrisi di dalam usus.

4. Berbagai Sayuran Hijau

photoIlustrasi Sayuran Hijau - (gettyimage.com)</span

Dilansir Alodokter, sayuran hijau, seperti bayam, kubis, dan brokoli, merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi saat kamu mengalami sembelit.

Serat yang terkandung dalam sayuran hijau dapat menambah volume dan melunakkan tinja, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan dari usus.

5. Kiwi

photoIlustrasi Buah Kiwi - (Pexels.com)</span

Studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama empat minggu dapat menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan spontan.

Tak hanya itu, kandungan serat dan enzim dalam kiwi juga dapat melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan lancar.

Sumber: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI