Sukabumi Update

Penderita Diabetes Wajib Lakukan 3 Kebiasaan Ini Saat Puasa

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi orang diabetes puasa merupakan salah satu tantangan yang cukup besar. Karena penderita diabetes harus memantau kadar glukosa agar tetap stabil.

"Diabetes adalah kondisi yang memerlukan pemantauan rutin dan memastikan bahwa kadar glukosa darah berada dalam kisaran normal dan meminimalkan fluktuasi sebanyak mungkin," jelas Ketua dan Direktur Utama di Jothydev's Diabetes Research Center, Jothydev Kesavadev.

Seperti dilansir oleh suara.com dari The Health Site, Kesavadev menyarankan beberapa kebiasan sehat yang harus diikuti penderita diabetes selama Ramadhan, yakni:

Baca Juga :

1. Wajib Memperhatikan Asupan Saat Berbuka dan Sahur

photoIlustrasi Wajib Memperhatikan Asupan Saat Berbuka dan Sahur - (Freepik)</span

Mulailah berbuka puasa dengan makanan yang kaya karbohidrat sederhana dan dapat diserap secara cepat oleh tubuh seperti buah kurma atau susu, diikuti karbohidrat kompleks seperti beras merah.

Selama sahur, penderita dapat mengkonsumsi sereal gandum utuh dan sayuran. Makan secara lambat agar tercerna dengan baik.

Sebagai alternatif, penderita dapat memiliki protein tanpa lemak seperti ikan, tahu, dan kacang-kacangan. Minum segelas susu atau makan buah sebelum tidur akan membantu menjaga kadar gula hingga dini hari.

2. Rutin Melakukan Olahraga

photoIlustrasi Yoga - (Freepik)</span

Tetap menjaga rutinitas olahraga dapat menjaga gula darah dalam kadar normal. Jika olahraga biasanya terlalu sulit, penderita dapat fokus pada jalan-jalan atau latihan ringan seperti yoga.

Olahraga ketahanan dapat membantu mencegah hilangnya massa otot saat mengalami defisit kalori selama Ramadhan.

3. Harus Menjaga Pola Tidur

photoIlustrasi Harus Menjaga Pola Tidur - (Freepik)</span

Sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon rasa lapar, membuat penderita diabetes sulit menolak makanan berkalori tinggi.

Tidur juga penting untuk proses metabolisme, yang telah terbukti memfasilitasi regulasi glukosa darah.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI