Sukabumi Update

Daftar Buah yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

SUKABUMIUPDATE.com - Darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah kendiri ketika tenanan darah manusia berada pada nilai 130/80 mmHg atau bahkan lebih.

Jika tidak ditangani dengan benar, hipertensi bisa menyebabkan berbagai penyakit diantaranya yaitu jantung, storke, gangguan ginjal, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Salah satu cara sederhana dan tepat untuk mengatasi darah tinggi yaitu dengan mengkonsumsi buah-buah penurun hipertensi.

Melansir dari berbagaisumber inilah daftar buah-buahan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang telah kami rangkum.

Baca Juga :

1. Stroberi

photoStroberi - (Freepik)</span

Dalam sebuah penelitian menunjukan jika dengan mengkonsumsi satu mangkuk buah stroberi setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena hipertensi. 

Hal tersebut dikarenakan buah berwarna merah dan memiliki banyak bintik ini kaya akan kandungan antosianin yang fungsinya selain memberikan warna, juga diyakini memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah hipertensi.

2. Semangka

photoSemangka - (Freepik)</span

Buah ini sebenarnya sering dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Dalam sebuah penelitian juga menyatakan jika suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu penderita obesitas menghonor tekanan darahnya.

Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan citrulline, yaitu asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrogen oksida pada tubuh, sehingga membantu melebarkan pembuluh darah.

3. Pisang

photoPisang - (Freepik)</span

Buah pisang mengandung kalium yang mana fungsinya dapat menyeimbangkan jumlah natrium atau garam dalam tubuh, sehingga tekanan darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. 

4. Anggur

photoAnggur - (Freepik)</span

Buah anggur mengandung polifenol yaitu antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Berkat kandungan polifenol tersebut, buah anggur diyakini bisa membantu mencegah sindrom metabolik, dimana salah satunya yaitu adalah tekanan darah tinggi.

5. Kiwi

photoKiwi - (Pexels.com)</span

Buah berwarna hijau dan memiliki kulit berbulu ini mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, fiolat, dan kalium. Sehingga dengan mengkonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, buah kiwi juga kaya akan kandungan serat, antioksidan, dan bioaktif yang turut berperan untuk  menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Baca Juga :

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI