Sukabumi Update

Sering Dijadikan Takjil, Buah Blewah Juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Buah Blewah merupakan salah satu buah yang menjadi andalan takjil buka puasa dan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah yang bisa tumbuh dari berbagai kondisi tanah ini memiliki nama latin cucumis melo var. Cantalupensis dan karena rasanya yang nikmat serta menyegarkan, menjadikan buah ini banyak digemari orang.

photoIlustrasi Buah Blewah - (Freepik)</span

Nah, bagi kamu yang menyukai buah ini sudah tau belum sederet manfaatnya untuk kesehatan? Jika belum silahkan simak penjelasannya dibawah ini ya.

Baca Juga :

1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Buah blewah diketahui merupakan salah satu buah yang menjadi sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, blewah juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah kerusakan pada mata yang diakibatkan oleh efek radikal bebas.

Beberapa penelitian bahkan mengatakan jika buah blewah dapat mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Jika kamu ingin memenuhi asupan cairan tubuh, namun bosan minum air, buah blewah bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

Hal tersebut dikarenakan buah blewah memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga baik untuk memenuhi cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

3. Mendukung Perkembangan Janin pada Ibu Hamil

Buah blewah mengandung berbagai macam nutrisi seperti folat, protein, dan karbohidrat yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya cacat tabung pada saraf bayi, bayi lahir secara prematur, hingga mencegah berat badan bayi rendah saat lahir.

4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Buah blewah mengandung antioksidan dan mineral kalium yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap stabil.

Selain itu, kalium juga berkhasiat untuk mempertahankan keseimbangan cairan pada tubu serta memungkinannkan otot-otot tubuh dapat berkontraksi dengan baik.

5. Dapat Mencegah Sembelit

Buah blewah mengandung  serat serta air yang baik untuk melancarkan pencernaan. Oleh sebab itu, buah ini baik dikonsumsi untuk mencegah serta mengatasi permasalahan pada pencernaan, seperti sembelit.

Selain manfaat diatasa, buah blewah juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin Cnya yang tinggi.

Baca Juga :

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI