Sukabumi Update

3 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik Lebaran menjadi salah satu tradisi yang ditunggu sebagian masyarakat Indonesia.

Namun, beberapa orang kerap mengalami mabuk perjalanan saat mudik yang diakibatkan berbagai hal.

Melansir dari Tempo.co, umumnya, orang yang mengalami mabuk perjalanan ini akan merasakan lemas, mual, muntah, dan keringat dingin.

Baca Juga :

Gejala-gejala tersebut bisa semakin parah dengan kurangnya oksigen, kondisi jalanan yang tidak rata sehingga kendaraan tidak berjalan dengan halus, dan bau-bauan tajam seperti rokok.

Untuk mengantisipasi mabuk perjalanan ini, berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan sebelum dan saat melakukan perjalanan.

photoIlustrasi mabuk perjalanan - (rac.co.uk)</span

1. Makan Secukupnya Sebelum Mulai Perjalanan

Pastikan sebelum berangkat telah mengisi perut. Pasalnya, perut yang kosong dapat membuat semakin mual. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan terlalu asam.

2. Cukup Istirahat

Istirahat di sini bukan saja dilakukan sebelum perjalanan namun juga saat perjalanan berlangsung. Misalnya ketika mudik dengan mobil pribadi, maka istirahatlah 4-5 jam sekali. Selain dapat menyegarkan pikiran, kesempatan tersebut bisa digunakan untuk meregangkan otot-otot yang tegang dan menghirup udara segar.

3. Memandang ke Luar Jendela

Sekilas cara ini memang terkesan sangat sepele namun mengalihkan pandangan ke luar jendela memang dapat mencegah pusing. Dengan demikian, kemungkinan untuk mabuk pejalanan pun semakin kecil.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI