Sukabumi Update

Manfaat Air Rebusan Jagung, Diantaranya Bisa Atasi Kebiasaan Ngompol

SUKABUMIUPDATE.com - Jagung merupakan salah satu makanan pokok yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ada berbagai jenis masakan yang berasal dari tanaman pangan berwarna kuning ini, diantaranya yaitu jagung rebus.

Membicarakan soal jagung rebus, apakah Anda sudah tahu jika air rebusan jagung ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh?

photoIlustrasi Jagung Rebus - (Freepik)</span

Hal tersebut didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam jagung. Penasaran apa saja manfaatnya? Seperti melansir dari suara.com, inilah sederet manfaat Jagung untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :

1. Dapat Membantu Mengatasi Kolesterol Jahat

Menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh menjadi manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi air rebusan jagung. 

Hal ini karena adanya kandungan flavonoid, senyawa fenol yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Sistem peredaran darah menjadi lebih lancar, dan kesehatan jantung akan terjaga

2. Bisa Membantu Meluruhkan Batu Ginjal

Manfaat kesehatan kedua yang bisa didapatkan adalah dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang mengendap. 

Batu ginjal yang terbentuk akan diluruhkan jadi butiran kecil. Ketika ukuran batu ginjal sudah mengecil, Anda bisa melanjutkannya dengan konsumsi ramuan daun kumis kucing dan meniran untuk membersihkan batu ginjal ini.

3. Bisa Mengatasi Kebiasaan Mengompol

Anak-anak sering mengalami masalah mengompol hingga pada usia tertentu. Manfaat air rebusan jagung salah satunya adalah membantu mengatasi kebiasaan mengompol yang terjadi pada anak-anak. 

Berikan setidaknya satu cangkir air rebusan jagung sebelum anak tidur, selama beberapa hari secara rutin, dan lihat penurunan intensitas mengompol yang terjadi.

4. Dapat Membantu Mengobati Diabetes

Percaya atau tidak, ternyata air rebusan jagung juga dapat membantu mengatasi diabetes yang diderita kebanyakan orang. 

Meski rasanya cenderung manis, namun justru ini bisa jadi pengganti pemanis pada olahan masakan. Kadar manis dalam air rebusan jagung terbilang sangat aman, sehingga cocok untuk Anda yang menderita diabetes.

Itu tadi sederet manfaat air rebusan jagung yang bisa diperoleh ketika dikonsumsi secara rutin. Tentu, Anda bisa mengkonsultasikannya dahulu dengan dokter untuk memastikan manfaat ini. Semoga aktivitas Anda lancar, dan selamat berlibur!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | I MADE RENDIKA ARDIAN

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI