Sukabumi Update

Wajib Tahu Perbedaan Minyak Goreng Sehat dan Tidak, Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak bentuk minyak goreng saat ini. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui perbedaan antara minyak goreng dan tidak sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Minyak goreng yang paling sehat biasanya memiliki lebih banyak lemak tak jenuh daripada lemak jenuh.

Lemak jenuh yang umumnya ditemukan dalam mentega, lemak babi, dan produk susu penuh lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebaliknya, lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak nabati, sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

photoMinyak Goreng - (iStock)</span

"Minyak nabati adalah alternatif yang bagus untuk mengurangi konsumsi mentega dan produk lemak hewani lainnya," jelas ahli gizi Amanda Nicole, seperti yang dilansir oleh suara.com dari Insider.

Selain kandungan lemak minyak goreng, penting untuk memahami titik asap setiap minyak.

"Ketika minyak dipanaskan melewati titik asapnya, minyak akan terbakar, menghancurkan nutrisi bermanfaat dan melepaskan radikal bebas. Ini meningkatkan risiko penyakit kronis," sambung Nicole.

Tinjauan terbaru tahun 2022 menemukan bahwa memanaskan minyak beberapa kali, terutama yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda, ke suhu tinggi akan melepaskan aldehida yang berpotensi menyebabkan kanker.

Penting diingat untuk menghindari memanaskan minyak goreng berulang kali.

Studi menemukan bahwa memanaskan kembali minyak nabati, seperti yang dilakukan saat menggoreng, dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan payudara.

Minyak goreng yang dimurnikan dan tidak dimurnikan

Perbedaan kedua minyak goreng ini pada pemrosesannya.

  • Minyak goreng yang dimurnikan biasanya diproses dengan panas dan bahan kimia. Jenis minyak ini memiliki titik asap lebih tinggi, yang berarti dapat mentolerir suhu memasak yang tinggi.
  • Minyak goreng yang tidak dimurnikan atau minyak mentah terkadang disaring tetapi tidak diproses, membuatnya berwarna lebih gelap. Biasanya minyak ini diberi label 'virgin'.

Meski minyak goreng tidak dimurnikan dianggap lebih sehat karena masih mengandung antioksidan tinggi, minyak ini tidak bisa terkena suhu masak panas.

Minyak mentah lebih cocok dijadikan dressing atau memasak dengan panas rendah.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI