Sukabumi Update

Penderita Maag Wajib Tahu, Inilah 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit maag atau dikenal juga dengan dispepsia bisa terjadi saat kamu mengkonsumsi makanan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengkonsumsi obat tertentu, dan bisa juga terjadi karena kamu mengalami stress.

Selain itu, sakit maag juga dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Sehingga penting bagi penderita maag untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi.

Nah dibawah ini, kami akan membagikan beberapa jenis makanan yang wajib dihindari penderita maag untuk mencegah penyakit tersebut semakin parah, yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Baca Juga :

1. Makanan dan Minuman Asam

photoIlustrasi Makanan Asam- (Pexels)</span

Makanan seperti jeruk, lemon, saus tomat, dan minuman bersoda diketahui memiliki sifat asam yang dapat memperparah penyakit maag yang sedang kambuh.

Jadi, bila kamu adalah orang yang menderita penyakit maag, sebaiknya hindari atau batasi makanan dan minuman itu ya, agar kondisi kamu tidak semakin parah. 

2. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

photoIlustrasi Minuman yang Mengandung Kafein - (Freepik)</span

Makanan seperti coklat, kopi, dan teh merupakan daftar makanan yang mengandung kafein yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung, sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung.

Sehingga untuk penderita maag harus memperhatikan asupan makanan dan minuman tersebut, karena dapat menyebabkan penyakit maag kambuh atau bisa juga menyebabkan gejala yang dirasakan semakin parah.

Namun, apabila terpaksa harus mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein pastikanlah bahwa kamu sudah makan terlebih dahulu. Hal itu dapat mencegah kambuhnya maag.

3. Makanan Pedas

photoIlustrasi Makanan Pedas - (Freepik)</span

Jenis makanan yang harus dihindari selanjutnya ialah makanan pedas. Karena makanan tersebut bisa mengiritasi saluran pencernaan, termasuk lambung. 

Oleh sebab itu, makanan ini menjadi salah satu makanan yang sangat tidak dianjurkan penderita maag atau asam lambung.

4. Makanan Berlemak Tinggi

photoIlustrasi Makanan Berlemak Tinggi - (Freepik)</span

Makanan seperti gorengan dan daging berlemak juga harus dihindari penderita maag. Hal tersebut diakibatkan karena makanan jenis ini sulit untuk dicerna, sehingga perut akan mudah kembung.

Selain itu, makanan berlemak yang dapat memperburuk konstipasi serta diera.

5. Produk Olahan Susu

photoIlustrasi Produk Olahan Susu - (Freepik)</span

Seperti yang sudah diketahui, susu mengandung banyak laktosa dan lemak, sehingga membuatnya lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. 

Saat laktosa tidak bisa dicerna dengan baik, contohnya pada kondisi intoleransi laktosa, zat tersebut akan menghasilkan gas dapat membuat perut menjadi kembung.

Hal itu tentu saja dapat memicu atau memperberat gejala dari penyakit maag yang kamu alami. Walaupun demikian, bukan berarti kamu tidak dapat mengkonsumsinya ya. Kamu dapat mengkonsumsi susu bebas laktosa atau rendah lemak, seperti susu almond.

Agar lebih aman lagi, kamu bisa meminta saran dari dokter untuk mengetahui batasan dalam mengkonsumsi dan memilih produk susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

Itulah lima jenis makanan yang harus dihindari penderita maag agar tidak semakin memburuk.

Baca Juga :

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI