Sukabumi Update

Lagi! China Laporkan Kasus Pertama Flu Burung H3N8 yang Menyerang Manusia

SUKABUMIUPDATE.com - Sampai saat ini dunia masih berjuang untuk melawan virus corona. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini masih berkembang walaupun kasusnya tidak semenyeramkan sebelumnya. 

Sayangnya, walaupun Virus Corona sudah terkendali, masih ada saja kasus-kasus lain yang menyeramkan, salah satunya yaitu hepatitis akut misterius dan yang terbaru Provinsi Henan di China Tengan melaporkan kasus infeksi flu burung jenis H3N8 pertama kalinya pada manusia.

photoIlustrasi Penemuan Pertama Kasus Flu Burung Jenis H3N8 pada Manusia - (Freepik)</span

Sementara ini, risiko penyebaran flu burung jenis H3N8 masih rendah, tapi pihak berwenang China mengatakan flu burung jenis ini bisa terjadi pada kuda dan anjing. Bahkan, virus ini pernah ditemukan pada anjing laut.

Sejauh ini dilansir dari India Today, belum ada kasus flu burung H3N8 pada manusia yang terdeteksi di tempat lain selain China.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan bahwa varian itu ditemukan pada anak laki-laki berusia empat tahun yang mengalami gejala demam dan lainnya.

Flu burung H3N8 adalah jenis influenza anjing, yang juga dikenal sebagai flu anjing. Menurut Pusat Pencegahan & Pengendalian Penyakit (CDC) yang berbasis di AS, virus influenza anjing A(H3N2) berbeda dari virus influenza A(H3N2) musiman yang menyebar setiap tahun pada manusia.

Virus H3N8 berasal dari kuda dan ditularkan ke anjing. CDC mengatakan virus influenza kuda (flu kuda) H3N8 telah diketahui ada pada kuda selama lebih dari 40 tahun.

Para ilmuwan mengatakan bahwa virus melompat dari kuda ke anjing untuk bertahan hidup dan telah beradaptasi untuk menyebabkan penyakit pada anjing dan menyebar di antara anjing, terutama yang ditempatkan di kandang dan tempat penampungan.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI