Sukabumi Update

Mencukur atau Mencabut Bulu Ketiak Ternyata Berbahaya, Simak Penjelasannya!

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian besar orang, terutama perempuan pasti pernah mencukur atau mencabut bulu ketiak untuk mempercantik penampilan. Selain itu, mencukur bulu ketiak juga dianggap dapat mengurangi bau keringat. 

Namun ternyata, mencukur atau mencabut bulu ketiak dapat menimbulkan dampak yang berbahaya. Bahkan, mencukur bulu ketiak lebih berbahaya daripada kamu membiarkannya tetap tumbuh.

Hal tersebut dikarenakan, bulu ketiak memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari kotoran dan bakteri, serta dapat melindungi kulit dari zat beracun yang berasal dari luar tubuh.

photoIlustrasi Waxing Bulu Ketiak - (Freepik)</span

Seperti dikutip oleh suara.com dari laman medlineplus.gov, dengan mencukur bulu ketiak, luka kecil di permukaan ketiak bisa saja muncul. Pori-pori di daerah ketiak juga akan semakin membesar. 

Hal ini yang memungkinkan racun dan zat-zat kimia dari berbagai produk akan mudah masuk ke dalam lapisan kulit.

Sementara lipatan daerah ketiak adalah tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Kelenjar ini bisa membawa racun dan zat kimia dari luar tubuh ke bagian-bagian tubuh lainnya. 

Hingga pada akhirnya akan muncul benjolan ketiak. Benjolan tersebut diakibatkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, infeksi, atau kista.

Mengutip dari everydayhealth.com, pada mekanisme kerjanya, kelenjar getah bening akan membesar saat bekerja mengalirkan zat-zat yang diterima permukaan kulit. Jika kelenjar getah bening membesar, maka bisa menjadi tanda limfoma.

Namun, jika kelenjar getah bening terasa tidak sakit dan tidak mengalami pembengkakan yang besar maka itu artinya tidak ganas. Kondisi itu akan surut dan hilang dari waktu ke waktu.

Tidak hanya itu, mencukur bulu ketiak selalu dihubungkan dengan kanker payudara. Selain risiko kanker payudara, kemungkinan racun yang masuk dari luar tubuh melalui kelenjar getah bening akan memungkinkan terjadinya gangguan paru-paru, jantung, hingga otak.

Seseorang yang sering mencukur bulu ketiak juga akan mengalami hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi terjadinya penggelapan kulit pada area ketiak. Hal itu terjadi karena proses pencabutan bulu.

Mencukur bulu ketiak memang menjadi kebiasaan yang umum. Namun, beragam risiko dan akibat jangka panjang yang ditimbulkannya membuat kamu harus berpikir berkali-kali untuk melakukannya lagi. Bagaimana? tertarik untuk memelihara bulu ketiak?

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | RISMA DAMAYANTI

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI