Sukabumi Update

Coklit, Pantarlih Sebrangi Sungai Sasar Pemilih di Pelosok Tegalbuleud Sukabumi

Petugas Pantarlih dan Pengawas Pemilu Desa harus menyebarang untuk melakukan tugas pencocokan dan penelitian pemilih pada pemilu 2024 | Foto Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Petugas Pantarlih, bersama Pengawas Pemilu Desa atau PKD Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, yang bertugas dipelosok desa, harus berjibaku menyebrangi sungai untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih. Tugas Pantarlih sendiri adalah melakukan pencocokan dan penelitian atau Coklit.

"Kami harus menyebrangi Sungai Cicurug, serta menggotong sepeda motor, untuk melakukan Coklit," kata Petugas Pengawas Desa (PKD) Nangela, Yoni Sutrisno kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (18/2/2023).

Yoni katakan kami dengan petugas Pantarlih Sujatmiko dan Agung Arifin, menyebrang dari Kampung Cadas Malang, menuju Kampung Puncak Kaleang, sekitar 20 sampai 30 meter, dengan kedalam pada saat air sungai surut sebatas lutut orang dewasa, kedalaman bervariatif, karena banyak bebatuan, namun arus air lumayan kencang.

"Dulu ada jembatan gantung, namun putus digerus banjir, pada Jumat malam, 23 September 2022 lalu," jelasnya.

Dikampung Puncak Kaleang ada 50 Kepala Keluarga (KK), atau kurang lebih 100 pemilih.

"mereka (warga puncak koleang) pada pelaksanaan Pemilu 2024, kalau belum juga dibangun jembatan, harus menyebrang sungai untuk menuju TPS 3 Desa Nangela di Kampung Cadas Malang, dengan jarak 2 kilometer," jelas Yoni

Yoni menambahkan, di Desa Nangela, ada dua lokasi yang harus menyebrang sungai, karena jembatan gantungnya putus. Selain di Kampung Cadas Malang, juga jembatan gantung di Kampung Selaeurih, sama putus saat banjir Sungai Cicurug.

"disana ada dua TPS, yakni TPS 1 di Kampung Selaeurih, TPS 2 di Kampung Bojongwaru, sekitar 400 pemilih. Untuk pelaksanaan Pemilu, memang warga tidak menyebrang sungai, namun untuk mengirim logistik dari desa, harus menyebrang Sungai Cicurug," ungkapnya.

Para pejuang demokrasi tersebut berharap, bukan hanya untuk keperluan pemilu saja, bahwa infrastruktur diwilayahnya bisa diperbaiki dalam waktu dekat ini. 

"harapn dari petugas, ada perhatian lebih dari KPU, untuk para petugas dilapangan, serta pemerintah untuk segera dibangun jembatan gantung kembali, karena sangat penting bagi warga, terutama untuk kelancaran perekonomian," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT