Sukabumi Update

Komunitas Pemilu Bersih Minta Penyelenggara Pemilu Jaga Independensi

KPU Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.sukabumiupdate

Sukabumiupdate.com - Pemilu 2024 yang sudah mulai dilaksanakan tahap-tahapannya mesti mendapat perhatian dari berbagai kalangan agar apa yang dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Terutama independensi penyelenggara merupakan ruh dari suksesnya penyelenggaraan pemilu yang berkualitas, yakni pemilu yang bersih terhindar dari praktik mannipulasi dan korupsi. 

Komunitas Pemilu Bersih yang diinisiasi sejumlah pegiat politik meminta penyelenggara Pemilu; mulai dari KPU, Bawaslu, dan DKPP benar-benar menjaga kemandirian dan independensi.

Koordinator Komunitas Pemilu Bersih Jeirry Sumampow mengatakan, independensi harus dijaga para penyelanggara Pemilu dalam seluruh kesiapan teknis penyelenggaraan tahapan Pemilu. Dengan begitu diharapkan para penyelenggara Pemilu dapat terhindar dari praktik manipulasi dan korupsi.

"KPU harus menjamin semua jajarannya, baik di KPU Pusat, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS, hingga KPPS bekerja professional sebagai penyelenggara Pemilu," tutur Jeirry di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, seperti dilansir suara.com, Senin (27/2/2023).

"Bawaslu sebagai pengawas Pemilu harus lebih pro-aktif dan seluas-luasnya membuka ruang partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) harus mengambil posisi terdepan dalam menjamin integritas dan etika penyelenggara melalui tranparansi proses persidangan agar kepercayaan publik atas penyelenggaraan Pemilu tetap terjaga," katanya.

Jeiry menyatakan birokrasi tidak boleh memihak. Birokrasi juatru harus transparan, akunatbel dan professional memberikan pelayanan publik.

"Dan dilarang menjadi alat pemenangan peserta Pemilu," kata Jeirry.

Komunitas Pemilu Bersih mengajak para pemilih serta seluruh elemen terkait untuk bersinergi mencegah terjadinya praktik ilegal dalam Pemilu.

"Mencegah terjadinya praktik ilegal politik uang, penyalahgunaan kekuasaan, penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan tindakan melanggar hukum atau provokatif lainnya agar terciptanya Pemilu yang bersih, damai, dan berintegritas," imbau Jeirry.

Jeirry sekaligus meminta seluruh elemen masyarakat sipil mempersiapkan diri dalam mengawal Pemilu bersih dalam setiap tahapan Pemilu.

"Agar berjalan damai, santun, bersih, dan berintegritas," kata Jeirry.

Sumber : suara.com 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT