Sukabumi Update

Survey Dukungan Prabowo Semakin Menguat, Bagaimana Anies dan Ganjar?

Survey Indikator Politik | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil jajak pendapat terkait Pilpres 2024. Tiga besar kandidat Calon Presiden (Capres) masih dengan nama yang sama, yakni eks Gubernur DKI Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, berdasarkan simulai 34 nama Capres, Ganjar mendapatkan perolehan suara terbanyak dengan 30,8 persen. Selanjutnya disusul Prabowo dan Anies dengan suara sama yakni 21,7 persen.

Begitu dikerucutkan hingga 10 nama, Ganjar masih meraih suara terbanyak dengan 30,7 suara. Peringkat kedua ada Prabowo yang memperoleh 22,5 persen dan Anies dengan 22,0 persen suara.

"Ini simulasi 10 nama jadi kita tes berbagai macam simulasi tidak banyak berubah polanya, sama gitu ya. Ganjar stagnan, Anies cenderung melemah, Pak Prabowo meningkat," ujar Burhanuddin dalam konferensi pers virtual seperti dikutip suara.com, Minggu (26/3/2023).

Selanjutnya, Burhanuddin menyampaikan hasil survei pada tiga nama teratas. Hasilnya, Ganjar masih menduduki peringkat pertama dengan 36,8 persen, lalu Prabowo dengan 27,0 persen, dan Anies dengan 26,8 persen suara.

Kendati demikian, menurutnya yang paling menarik adalah ketika simulasi head to head atau dua nama saja di antara tiga tokoh itu. Ketika Anies melawan Prabowo, hasilnya Anies kalah dengan 37,4 persen dan Prabowo 45 persen.

Sementara ketika Anies melawan Ganjar, Anies masih juga kalah dengan 37,6 persen berbanding 45,2 persen suara.

Terakhir, Prabowo malah mampu mengimbangi saat diadu melawan Ganjar dengan perolehan suara 40,9 persen. Sementara Ganjar mendapatkan suara 41,8 persen.

Dengan demikian, elektabilitas Prabowo dalam survei ini menunjukan peningkatan. Sementara, Anies dan Ganjar cenderung menurun dan stagnan.

"Prabowo dukungannya cenderung meningkat, Ganjar relatif stagnan dan Aniesterlihat ada pola penurunan, hingga simulasi head to head dua calon," imbuh dia.

urvei Terkini Indikator Politik: Prabowo Menguat, Anies-Ganjar Melemah

Sumber : suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT