Sukabumi Update

Koalisi Besar Bukan Jaminan Menang Pilpres 2024

Ayep Zaki, Caleg DPR RI Partai Nasdem Dapil Kota dan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Meski didukung banyak partai belum tentu menjanjikan kemenangan yang mudah bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 atau Pilpres 2024. 

Hal itu disampaikan Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, Ayep Zaki merespon peta politik terkini terkait bertambahnya pendukung Prabowo Subianto pasca bergabungnya PAN, PKB dan Golkar.

Ayep Zaki yang juga calon anggota legislatif dari partai NasDem dari Daerah Pemilihan Jabar IV Kota-Kabupaten Sukabumi (DPR RI Dapil Sukabumi) itu menngungkapkan bahwa berdasarkan pengalaman saat Anies Baswedan menjadi calon gubernur DKI Jakarta hanya disusung oleh oleh dua partai, yakni Gerindra dan PKS. Namun lanjut Ayep, Anies malah menang dalam pemilihan gubenur DKI kala itu.

Baca Juga: BPR Kalapanunggal Sukabumi Rangkul Pelajar, Tingkatkan Literasi Keuangan

Bahkan, kata Ayep, dalam survei Anies malah selalu kalah, tapi "saya yakin walapun partai pendukung Pak Anies hanya tiga partai, yakni NasDem, PKS dan Demokrat, Insyallah pak Anies akan tepilih menjadi presiden pada pemilahn yang akan datang" tegas Ayep.

Ayep menjelaskan berdasarkan pengalaman, justru calon yang diusung banyak partai malah banyak yang gagal, itu terjadi misal pada pemilihan beberapa kapala daerah diberbagi tempat.

Hal yang sama, menurut Ayep, misalnya pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2004, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) yang didukung Partai Demokrat dan PBB malah memenangkan pemilahan Presiden dan Wakil Presiden. "Jadi gak ada jadi jaminan menang walapun diusung banyak partai" jelas Ayep.

Baca Juga: Sekolah Memiliki Peran Penting Pencegahan Kenakalan Remaja di Kota Sukabumi

Ayep yakin terutama di Kabupaten dan Kota Sukabumi yang merupakan daerah pemilihanya, sosok Anies akan banyak dipilih oleh masyarkat. Figur Anies, kata Ayep banyak disukain masyarakat yang relegius. Salian itu jelas Ayep, Anies berpengalaman menjadi gubenrnur DKI, dengan segudang prestasi.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT