Sukabumi Update

Bukan Cak Imin, Ini 5 Tokoh Menurut Pemilih yang Pantas Dampingi Anies Baswedan

Siapa calon wakil presiden yang pantas mendamping Anies Baswedan | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Partai NasDem menyampaikan isyarat kuat akan berkoalisi dengan PKB untuk mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies - Cak Imin) sebagai bakal capres- cawapres di Pilpres 2024.

Mencuatnya duet Anies-Cak Imin langsung menghebohkan panggung politik jelang Pilpres 2024 mendatang.

Lantas, bagaimana tanggapan masyarakat (pemilih) terhadap duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin)?

Jika melihat data terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI Denny JA) memberikan gambaran bagaimana tanggapan masyarakat terhadap para tokoh yang layak mendamping Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca Juga: Local Media Summit 2023 Akan Digelar Bulan Oktober

Menurut LSI, dari respon masyarakat ketika ditanya siapakah tokoh-tokoh yang layak mendampingi Anies Baswedan? Dari hasil survei diketahui ada beberapa nama yang muncul dengan tingkat persentase yang variatif.

Calon Wakil Presiden yang pantas mendamping Anies Baswedan hasil pilihan responden ternyata jatuh kepada 5 tokoh tertinggi, yaitu: Agus Harimurti Yudhoyono (22,2%), Sandiaga Salahudin Uno (21,4%), Khofifah Indar Parawansa (9,2%), Susi Pudjiastuti (5,4%), dan Airlangga Hartarto (2,8%).

"AHY 22.2% dan Sandiaga 21.4% merupakan calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai Wakil Presiden dari Anies Baswedan," tulis LSI seperti dikutip sukabumiupdate.com, Jumat 91/9/2023). 

Hasil survei LSI terhadap pasangan wakil presiden yang pantas mendampingi Anies Baswedan | Foto : SyHasil survei LSI terhadap pasangan wakil presiden yang pantas mendampingi Anies Baswedan | Foto : Sy

Sedangkan Muhaimin Iskandar, berada di posisi ke enam (dengan dukungan pemilih sebesar 2,6%) sebagai tokoh yang layak mendampingi Anies Baswedan.

Baca Juga: Butuh Investasi Rp2,5 Triliun, Nasib Tol Bocimi Seksi 3 Tergantung Pendanaan Komersial

Survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 3-9 Agustus 2023 melibatkan populasi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih (berumur 17 tahun atau lebih dan atau sudah menikah). Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden.

Margin of error dari survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen (dengan multistage random sampling).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyampaikan, dari hasil survei tersebut juga diketahui elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengungguli capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi 3 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas 37 persen menyalip Prabowo Subianto di 35,3 persen, dan makin jauh meninggalkan Anies Baswedan yang hanya mendapat 22,2 persen.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Dukung Citarik Jadi Venue Babak Penyisihan Arung Jeram PON XXI

Meski begitu, Djayadi Hanan mengatakan elektabilitas Ganjar dengan Prabowo Subianto masih sangat tipis dan masih dalam margin of error.

"Jadi selisihnya 1,7 persen saja, sementara margin of error 2,9 persen," kata Djayadi dalam paparannya yang disiarkan secara daring, seperti dikutip tempo.co, Rabu, 30 Agustus 2023.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT