Sukabumi Update

Cawapres Ganjar Pranowo Harus Penuhi 5 Kriteria, Semua Berat?

Ketua DPP PDIP Said Abdullah | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengungkap kriteria calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurutnya ada 5 poin kriteria yang menjadi pertimbangan yang juga digunakan untuk memlih cawapres.

"Kewenangan bacawapres Mas Ganjar akan ditentukan oleh Megawati bersama para ketua umum partai, dan Mas Ganjar. Pembobotan dalam menentukan bacawapres Mas Ganjar ada banyak timbangan," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah seperti dikutip dari Suara.com, Rabu (13/9/2023).

Pertama, kata dia, yang menjadi pertimbangan memilih sosok cawapres, yakni watak ideologi. Cawapres harus menunjukkan keberpihakannya pada kepentingan nasional. Kedua, ada aspek kewilayahan, latar belakang, rekam jejak, jiwa kerakyatan, dan kenegaraannya.

Baca Juga: 1.000 Pengacara Gabung Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin, Mayoritan Mantan Aktivis

Ketiga, dapat mendongkrak elektabilitas untuk kemenangan Ganjar Pranowo. Keempat, mempunyai unsur bonding dengan Ganjar. "Sebab tidak bisa 'kawin paksa' dan kelima, daya dukung politik kepartaian," kata dia.

Dia juga menegaskan, dalam penentuan cawapres dialog dengan ketua umum partai pengusung juga dilakukan. Ketua Umum PDIP dibantu Puan Maharani dan Prananda Prabowo melakukan komunikasi dengan ketua umum partai.

"Faktor penting yang dilakukan oleh ibu ketua umum melalui Mbak Puan Maharani adalah mendiskusikan calon wakil presiden dari Mas Ganjar dengan Mas Ganjar sendiri. Atas dasar itu semua, maka kewenangan bacawapres Mas Ganjar akan ditentukan oleh para ketua umum partai, dan Mas Ganjar," bebernya.

Sumber : Suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT