Sukabumi Update

Bicara Gagasan di Kampus UGM: Anies Tampil Pertama, Disusul Ganjar dan Prabowo

3 Bacapres bicara gagasan di UGM, Selasa (19/9/2023) | Foto : Capture youtube UGM

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga bakal calon presiden atau bacapres 2024 yang telah dideklarasikan koalisi partai politik akan bertemu di Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini, Selasa, 19 September 2023. Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto akan membagikan gagasannya di hadapan sivitas akademika UGM.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia dalam sambutannya yang ditayangkan secara live di youtube menyampaikan bahwa kegiatan "3 Bacapres Bicara Gagasan" ini dikemas dalam program kolaborasi UGM dengan Narasi Mata Najwa, ketiga bacapres akan berbincang bersama Najwa Shihab dan para panelis. 

"Kegiatan yang diselenggarakan di UGM ini merupakan bagian dari proses pendidikan politik yang sekaligus menjadi bagian dari perwujudan kontribusi kampus bagi proses pendewasaan dan penyelenggaran kualitas demokrasi," ujar Ova seperti dikutip sukabumiupdate.com, Selasa (19/9/2023). 

Baca Juga: DKUKM Fasilitasi Legalitas Usaha Bagi UKM di Sukabumi Expo 2023

Menurut Bu Rektor, untuk mewujudkan pemilu 2024 yang penuh nilai-nila kompetisi yang sehat dan adil, sarat etika politik, dan mengedepankan politik pragramatik, bukan sentimen politik identitas menjadi tanggung jawab kita semua; perguruan tinggi. penyelenggara pemilu, segenap aparatur negara terkait dan partai politik dan calon pemimpin dan juga segenap masyarakat. 

Dalam mendorong pemilu 2024 yang bermartabat, ujar Bu Rektor, UGM sebagai guru bangsa menyampaikan 5 pesan kebangsaan. "Menjaga Nilai-nilai kebangsaan,  Pentingnya kedaulatan dan ketahanan Indonesia di berbagai bidang, khususnya, pangan kesehatan dan energi, Strategi pembangunan ekonomi yang seimbang,  Pembangunan komprehensif dan mengakar kuat, dan Penguatan kepemimpinan Indonesia untuk isu-isu global," ungkapnya. 

Najwa Shihab dalam pembukanya menyebutkan agenda tersebut merupakan diskusi maha penting untuk mengenal lebih jauh mereka-mereka yang mengaku bisa menjadi memimpin negeri ini. 

Baca Juga: DPRD Sukabumi Sorot Program Pemkab yang Tidak Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat

"Setiap hari ini kita selalu disuguhkan dengan perbincangan elit terkait koalisi, kapan berbicara gagasan. Panggung di UGM ini spesial kita bicara gagasan bacapres," ucapnya.

Menurut Nana, panggilan akarab Najwa Shihab, karena tidak mudah mengumpulkan ketiga bacapres, maka acara tersebut dihadiri bergiliran ketiga bacapres dengan mengikuti abjad. 

"Urutan yang akan tampil sesuai urutan abjad, yang pertama Anies Baswedan, disusul Ganjar Pranowo dan ditutup Prabowo Subianto," imbuhnya. 

Saat berita ini diturunkan, bakal calon presiden yang mendapat bagian pertama tampil, yakni Anies Baswedan sudah menyampaikan gagasan-gagasannya tentang bagaimana Indonesia kedepan, jika ia terpilih menjadi Presiden RI. Berikutnya akan tampil Ganjar Pranowo dan terakhir Prabowo Subianto.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT