Sukabumi Update

Industri Padat Karya Di Sukabumi Banyak Ditutup, Begini Solusi Ayep Zaki

Industri Padat Karya Di Sukabumi Banyak Ditutup, Begini Solusi Ayep Zaki (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Satu persatu pabrik garmen di sukabumi ditutup, terbaru PT Manito World yang ada di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Tentunya penutupan ini merupakan akibat dari situasi dari krisis ekonomi yang melanda dunia yang berdampak pada ekonomi Indonesia , yang secara otomatis berdampak kepada pabrik-pabrik yang ada di Sukabumi dan di berbagai daerah lainnya.

Ini merupakan permasalahan global yang tidak dapat dihindari. Namun, kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Sukabumi jangan terlalu merasa khawatir yang berlebihan, karena negara kita Indonesia memiliki lahan yang sangat luas, seperti diketahui lahan dataran yang ada di Indonesia kurang lebih memiliki lahan seluas 190 juta hektar dan di Kabupaten Sukabumi memiliki lahan kurang lebih 419.000 hektar.

“Saya selaku penggiat ekonomi kerakyatan dan penggiat sektor pertanian dengan pengalaman selama belasan tahun, memberikan solusi atas permasalahan ini, mari kita bersama-sama saling bahu membahu antara para stakeholder, baik eksekutif maupun legislatif untuk fokus pada sektor pertanian.” Jelas Ayep.

Baca Juga: Panen Melon di Sukabumi, Ayep Zaki Bahas Manfaat Greenhouse untuk Petani

“Di satu sisi kita sebagai manusia pasti membutuhkan pangan seperti jagung, padi dan tanaman lainnya, di sisi lain kita juga diuntungkan dengan tersedianya lahan yang sangat luas, tinggal bagaimana ketersediaan bibit dan pupuk yang berkualitas sehingga kita dapat mengolah lahan tersebut secara optimal, bersama-sama kita bersatu padu membangun ekosistem pertanian, yang pastinya saya siap terjun secara langsung untuk itu.” tambah ayep.

Pembangunan ekosistem pertanian ini menjadi jawaban atas situasi yang rumit dengan banyaknya pabrik yang ditutup dengan mengalihkannya ke sektor pertanian, mari kita duduk bersama-sama, kita cari solusi, bukan lagi mencari gagasan dan pemikiran yang terbaik tapi kita mulai implementasi perencanaan yang matang, kontrol yang baik, dan implementasi di lapangan.

(ADV)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT