Sukabumi Update

Cawapres Prabowo Diumumkan: Gibran, Erick atau?

Gibran Rakabuming dan Prabowo Subianto. (Sumber : instagram/prabowo)

SUKABUMIUPDATE.com - Bakal calon presiden untuk Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, dikabarkan akan mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden pada Senin, 23 Oktober 2023 besok. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Adik kandung Prabowo itu memastikan dukungan dari partai pendukung koalisi sudah bulat.

Hashim mengatakan Prabowo kemungkinan besar akan mengumumkan Gibran sebagai bakal cawapres usai rapat pimpinan nasional Gerindra di Jakarta besok. "Tapi jamnya saya belum tahu," kata Hashim dikutip dari Tempo.co, Minggu (22/10/2023).

PBB hingga Golkar dukung Gibran

Partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah dukung Gibran jadi cawapres Prabowo. Tiga partai anggota koalisi itu, telah secara terbuka mendukung Gibran menjadi pendamping Prabowo. Mereka diantaranya Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar.

Baca Juga: Gibran Diusung Jadi Cawapres, Jokowi: Tugas Orang Tua Mendoakan-Merestui

PBB bahkan menjadi partai anggota KIM pertama yang mengusung Gibran sebagai cawapres. Belakangan, Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra, menyarankah putra sulung Presiden Jokowi itu untuk tak mengambil kesempatan itu. Pasalnya, dia menilai putusan Mahkamah Konstitusi yang memungkinkan Gibran maju pada Pilpres 2024 cacat hukum.

Minggu 22 Oktober 2023 pagi tadi, Gibran menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra membenarkan adanya pembicaraan soal Pemilu 2024 dalam pertemuan itu. Akan tetapi, dia tak mau berkomentar soal apakah Demokrat juga ikut mendukung Wali Kota Solo tersebut menjadi pendamping Prabowo Subianto.

Partai petinggi partai anggota Koalisi Indonesia Maju akan bertemu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV pada malam ini. Hashim menegaskan sejauh ini, seluruh anggota koalisi bulat mendukung pemiihan Gibran Rakabuming.

"Saya dengar tidak ada yang keberatan," kata Hashim soal dukungan partai koalisi.

Hashim pun menyatakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT