Sukabumi Update

Menanti Gagasan Capres-Cawapres: Debat Pilpres 2024 Dijadwalkan 5 Kali

Debat Capres-Cawapres 2024 | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilihan Presiden 2024 dipastikan diikuti tiga paslon peserta. Dua pasangan diketahui telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin (Amin) dan pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud MD. Sedangkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran (baru direncanakan daftar ke KPU pada hari terakhir, tanggal 25/10/2023).

Khalayak pun menanti gagasan dan program dari ketiga pasangan capres-cawapres yang akan disampaikan terutama dalam momen debat yang akan digelar oleh KPU. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejatinya belum mengeluarkan jadwal debat paslon capres-cawapres. Namun demikian, KPU menyatakan, jadwal debat direncanakan bakal dilakukan sebanyak lima kali.

Baca Juga: Peresmian Pabrik Pupuk Batubara di Riau, Komitmen Ayep Zaki Bidang Pertanian

"Benar (sesuai aturan, debat lima kali)," ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, seperti dikutip suara.com, Senin (23/10/2023).

Idham menjelaskan, sesuai Pasal 277 UU nomor 7 tahun 2017, debat capres-cawapres akan dilakukan 5 kali. Ia juga menyebut proses debat akan ditayangkan secara langsung dan terbuka.

Hanya saja, Idham mengatakan, jadwal debat saat ini masih belum dibuat oleh KPU. Sebab, sampai saat ini belum ada pasangan capres-cawapres tetap.

"KPU baru di 13 November 2023 menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden tetap dan sehari kemudian baru melakukan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres, 14 November 2023," tuturnya.

"Jadi jadwal debat pasangan capres-cawapres belum ada," sambung dia.

Baca Juga: Tak Hanya Fisik, Polusi Udara Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental!

Menanti Debat Gibran Vs Mahfud

Di sisi lain, sosok budayawan asal Yogyakarta, Butet Kartaredjasa mengatakan amat menanti debat calon wakil presiden antara Mahfud MD dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Menurut dia, debat itu akan menjadi tontonan yang menarik untuk disaksikan. Sebab, keduanya memiliki latar belakang dan pengalaman yang sangat berbeda.

"Saya justru mengharapkan Mas Gibran itu maju jadi wapres karena saya sangat merindukan nanti kalau ada perdebatan, wapresnya debat, 35 tahun lawan professor Mahfud Md, apik banget," kata Butet di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip, Senin (23/10/2023).

"Itu perdebatan paling keren wapres sepanjang sejarah Indonesia, profesor doktor dan berpengalaman dua tahun. Dua tahun kok berpengalaman," sambung Butet.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Seseorang Banyak Beban Hidup, Apa Kamu Salah Satunya?

Sebagaimana diketahui, penunjukkan Gibran yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo memantik banyak reaksi. Ia bisa lolos jadi cawapres usai Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan UU terkait batas usia capres-cawapres.

Sumber : Suara.com 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT