Sukabumi Update

Jokowi Undang Capres Ganjar, Anies dan Prabowo untuk Makan Siang di Istana

Presiden Jokowi mengundang 3 capres siang ini untuk makan siang di Istana. | Foto: Dokumentasi Humas Setkab

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi dikabarkan telah mengundang tiga calon presiden Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto untuk makan siang di Istana siang ini Senin (30/10/2023).

Ketiga capres tersebut bakal bertemu pada pukul 11.30 WIB. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Hermawi Taslim.

"Tiga capres diundang ke Istana hari ini pukul 11.30 WIB," kata Hermawi saat dihubungi, Senin (30/10/2023), dikutip via Suara.com.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Ia menyebut Jokowi hanya mengundang sosok capres saja. Sementara cawapres tidak diikutsertakan pada undangan kali ini.

"Tanpa bakal calon wakil presiden (cawapres)," terangnya.

Hermawi menilai, maksud Jokowi mengundang Ganjar, Prabowo dan Anies datang ke Istana ialah untuk membuktikan pernyataan sebelumnya. Adapun Kepala Negara sempat menyampaikan kalau dirinya mendukung tiga capres di Pilpres 2024.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

"Nah, siang ini ketiganya diundang ke Istana. Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," tuturnya.

Adapun Ganjar, Prabowo dan Anies sudah mendaftarkan diri sebagai peserta capres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ganjar mendaftarkan diri bersama cawapresnya yakni Mahfud MD, Anies bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka.

Anies dan Ganjar menjadi bakal capres yang mendaftar di hari pertama sesi pendaftaran. Sementara Prabowo-Gibran mendaftar di hari terakhir yakni pada Kamis (25/10/2023).

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup

Ketiga pasangan capres-cawapres tersebut juga sudah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari membeberkan hasil pemeriksaan terhadap tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hasyim menjelaskan, pemeriksaan terhadap paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang dilakukan pada Sabtu (21/10/2023) menunjukkan bahwa keduanya dinyatakan mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Terlihat dari Bahasa Tubuhnya

"Kedua, mereka juga bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Kemudian, Hasyim juga mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Keduanya menjalani pemeriksaan pada Minggu (22/10/2023).

"Disimpulkan bahwa (Ganjar-Mahfud) dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Kemudian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," ungkap Hasyim.

Baca Juga: 10 Cara Bahagia Meskipun Hidup Serba Pas-pasan, Yuk Jangan Minder!

Adapun pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani pemeriksaan pada Kamis (26/10/2023) di RSPAD Gatot Soebroto. Hasilnya juga sama.

"Pemeriksaan terhadap pasangan ini (Prabowo-Gibran) dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," tutur Hasyim.

Sumber: Suara.com

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT