Sukabumi Update

Nama Ketua Baznas Tak Muncul Direkomendasi Golkar untuk Pilkada Sukabumi 2024

Nama Ketua Baznas, Unang Sudarma tak muncul direkomendasi Golkar untuk Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Ketua Baznas Kabupaten, Unang Sudarma rupanya tersingkir dari daftar calon Bupati dan Wakil Bupati pada perhelatan Pilkada Sukabumi 2024. Padahal, sebelumnya nama Unang Sudarma menjadi salah satu nama yang turut diusulkan berdasarkan rapat pleno DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi pada 4 Juli 2023 lalu.

Rapat pleno DPD Golkar saat itu, secara khusus membahas penjaringan sejumlah nama yang memiliki kesiapan dan kelayakan untuk direkomendasikan kepada tingkat DPD dan DPP.

Ada dua nama yakni dua nama yakni Asep Japar Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Sukabumi dan Unang Sudarma Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, untuk menjadi Bakal Calon Bupati Sukabumi dan Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi dalam perhelatan Pilkada 2024. yang akan diusulkan menjadi bakal calon Bupati Sukabumi dan bakal calon Wakil Bupati Sukabumi dalam perhelatan Pilkada serentak tahun 2024 atau Pilbup Sukabumi 2024.

Baca Juga: Membahayakan, Petugas Tebang Pohon Mahoni Lapuk di Parungkuda Sukabumi

Namun sehari berselang tepatnya pada tangga 5 Juli 2023, penetapan hasil rapat pleno DPD Partai Golkar yang mengusulkan dua nama tersebut dibatalkan memlaui Surat Perintah yang ditujukan kepada DPD Golkar Provinsi dan Kabupaten Kota dengan Nomor 165/DPP/GOLKAR/VII/2023 yang berisi 4 point yang terkait pilkada Nasional 2024 yang salah satunya membatalkan pengusulan nama bakal calon Bupati dan wakil Bupati Sukabumi

"Sementara menunda pembahasan Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada Nasional 2024 dari Partai Golkar," bunyi point 1 (satu) dalam surat perintah seperti yang diterima sukabumiupdate.com, Kamis (6/7/2023).

Kemudian, kini, tepatnya pada Selasa 21 November 2023, DPP Partai Golkar mengumumkan sejumlah tokoh yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2024 mendatang. Ada sebanyak 1.117 bakal calon kepala daerah di Indonesia yang mendapat surat perintah atau rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga: Tanam 34 Batang Pohon Ganja di Rumah, Pria Sukabumi Ditangkap

“Partai Golkar mengumpulkan seluruh calon-calon kepala daerah yang akan diusung oleh Partai Golkar. Jumlah yang dikumpulkan sebanyak 1.117, baik itu sebagai bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 21 November 2023, dikutip dari situs golkarindonesia.com.

Berdasarkan salinan surat undangan pengarahan DPP Partai Golkar untuk bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang diterima redaksi sukabumiupdate.com, terdapat tiga nama yang akan diusung Partai Golkar dalam pemilihan Bupati Sukabumi 2024.

Ketiga nama tersebut yakni, pertama Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, kedua, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali, dan ketiga Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi Asep Japar.

Sementara itu, nama Unang Sudarma tidak lagi muncul dalam daftar rekomendasi Partai Golkar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.

Baca Juga: Golkar Tugaskan Tokoh Muda Sukabumi Selatan Maju Pilkada Sukabumi 2024

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali mengatakan bahwa pihaknya tidak tahu terkait bagaimana pertimbangan DPP dalam memutuskan sejumlah nama yang direkomendasi untuk maju sebagai kandidat calon Bupati dan wakil Bupati pada Pilkada Sukabumi 2024.

"Yang pasti kami hanya menerima undangan untuk hadir ke Jakarta dan menerima keputusan itu. Dari Kabupaten Sukabumi yang datang ke Jakarta memenuhi undangan hanya saya dan Pak Asep Japar," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT