Sukabumi Update

Hari Pertama Kampanye: Cak Imin di Mojokerto, Gibran Ngantor, Mahfud di Aceh

Kolase foto Cawapres di Pilpres 2024 yang sudah ditetapkan KPU. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 memasuki tahap kampanye yang dimulai pada hari ini, Selasa (28/11). Kampanye Pilpres 2024 akan berlangsung selama 75 hari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Berikut ini adalah agenda para calon wakil presiden (Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD) melakukan kampanye di hari pertama:

Cawapres No 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

Melansir suara.com, Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor 1 Muhaimin Iskandar memulai kampanye hari pertama pada Selasa (28/11/2023) dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Sebelum memulai aktivitas politiknya, Cak Imin melakukan sungkem dan meminta doa restu sang ibunda, Muhasonah Iskandar di kediaman keluarganya yang berada di Denayar.

Usai didoakan sang ibunda, Cak Imin sungkem hingga mencium kaki sosok yang melahirkannya. Tradisi kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam kakek buyutnya KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang.

"Tadi minta doa restu kepada ibu agar dimulainya kampanye ini berjalan dengan lancar sampai akhir perjuangan untuk AMIN pada 14 Februari mendatang."

"Alhamdulillah, ibu saya sehat dan memberikan nasihat dan arahan juga kepada saya," katanya seperti dikutip Times Indonesia-jaringan Suara.com.

Dua agenda sakral tersebut, menurutnya merupakan tradisi yang tak ditinggalkannya.

Setelah itu, cak imin kemudian menghadiri kegiatan Mojokerto, Jawa Timur.

Di Jawa Timur Cak Imin bertemu dengan seribuan warga NU dari kalangan perempuan yang tergabung dalam Jaringan Perempuan Nahdliyin di GOR Wringinrejo, Kabupaten Mojokerto.

Di depan ibu-ibu, beberapa janji disampaikan Ketua Umum PKB tersebut jika nantinya pasangan capres - cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar terpilih dalam Pilpres 2024.

Cawapres No 2 Gibran Rakabuming Raka

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tetap bekerja seperti biasa sebagai Menteri Petahanan pada hari pertama kampanye, Selasa (28/11/2023). 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum mengajukan cuti kampanye ke Pj gubernur Jawa Tengah. Gibran mengaku masih akan fokus di Solo.

"Belum (mengajukan cuti kampanye). Kita di Solo dulu, fokus di Solo," katanya di Balai Kota Solo, Selasa (28/11/2023)

Gibran mengatakan akan fokus ke penyelesaian pembangunan Solo Safari, Balekambang, dan Piala Dunia U-17 di Solo.

Cawapres No 3 Mahfud MD

Sedangkan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD pada Selasa (28/11/2023) mengawali hari pertama kampanyenya dengan berkunjung Sabang di Aceh.

Mahfud MD membeberkan alasannya memilih Sabang sebagai lokasi pertamanya berkampanye sebagai cawapres. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu ingin mengenalkan sejarah Nusantara yang dibangun oleh para pendahulu.

"Ini juga menjadi titik awal berdirinya kerajaan Islam pertama di Nusantara," beber Mahfud. seperti dikutip suara.com, Senin (28/11/2023).

Sumber : suara.com

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT