Sukabumi Update

Kapan Debat Capres Cawapres 2024? Ini Jadwal dan Temanya!

Tiga pasangan calon saat Debat Pilpres 2024 pertama | Kapan Debat Capres Cawapres 2024? Ini Jadwal dan Temanya! | Foto: Instagram.com/@23faisalrahman

SUKABUMIUPDATE.com - Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2024 selalu ramai dicari di tahun politik ini. Apalagi, hari demi hari menuju 14 Februari 2024 tinggal menghitung mundur.

Debat Capres dan Cawapres 2024 turut mewarnai tahun politik di Indonesia. Pemilu yang akan menentukan pemimpin Indonesia selama 5 tahun mendatang semakin mendekati babak akhir. 

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, dan Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD akan kembali beradu gagasan pada Debat Capres Cawapres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU. 

Baca Juga: 10 Cara Mengenali Orang yang Tidak Menyukai Kita, Perhatikan Sikapnya!

Updaters yuk simak jadwal dan tema Debat Capres dan Cawapres 2024 berikut lengkap dengan partai pengusun dan hasil survei elektabilitas sementara!

Jadwal dan Tema Debat Capres Cawapres 2024

Jadwal dan tema debat capres dan cawapres 2024 untuk ketiga paslon sebagai berikut:

1. Debat Capres kedua

Debat capres kedua akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan tema Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

2. Debat Cawapres kedua

Setelah diadakan pada 22 Desember lalu, debat capres kedua akan diadakan sebulan kemudian yakni Minggu, 21 Januari 2024. Tema yang akan dibahas  yaitu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

3. Debat Capres ketiga

Dengan mengangkat topik kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi, debat capres terakhir ini akan diadakan pada Minggu, 4 Februari 2024.

Partai Pengusung Calon

Tidak seperti dua edisi sebelumnya, Pemilu 2024 diikuti oleh 3 pasangan capres dan cawapres. Berikut rinciannya: 

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Orang Tidak Menyukai Kita, Ekspresi Wajahnya Dingin

Paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin diusung oleh partai yang tergabung ke dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, terdiri dari Partai Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Ummat. 

Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerinda, Golkar, PAN, PBB, Partai  Demokrat, PSI, Partai Gelora, Partai Garuda, serta Partai Prima yang tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju. 

Sedangkan PDIP, PBB, Partai Hanura dan Partai Perindo mengusung paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD sebagai capres-cawapres dari koalisi partai tersebut.

Hasil Elektabilitas Sementara dari Berbagai Lembaga Survei

Hasil beragam lembaga survei hingga Selasa (02/01) tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dari elektabilitas masing-masing calon.

Dari 10 lembaga survei seperti LSI Denny JA, Polling Institute, CSIS, dan Indikator Politik Indonesia, paslon 02 Prabowo-Gibran menempati posisi pertama dengan elektabilitas melebihi 42%.

Sementara posisi kedua dan ketiga terjadi salip-menyalip antara paslon 01 Anies-Cak Imin dengan Paslon 03 Ganjar-Mahfud dimana masing-masing dari mereka mendapatkan elektabilitas antara 23-25% menurut beberapa lembaga survei.

Debat Capres Cawapres 2024 akan disiarkan secara live oleh KPU dan lembaga penyiaran lainnya. Media sukabumiupdate.com juga ikut menyiarkan Link Live Streaming Debat Pilpres 2024 di Channel YouTube Sukabumi Update.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sifat Buruk Anak, Bunda Ayo Lakukan!

Bagi Updaters yang masih ragu untuk menentukan pilihan presiden dan wakil presiden Indonesia untuk 5 tahun mendatang. Yuk menonton masing-masing paslon beradu argumen pada debat nanti! 

Mari ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia!

Seperti diketahui, Debat Capres Cawapres telah berlangsung 2 kali pada tanggal 7 dan 22 Desember 2023 dan dijadwalkan akan dilakukan 3 kali lagi sebelum memasuki masa tenang Pemilu, yaitu debat capres sebanyak 2x kali dan debat cawapres 1 kali. 

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT