Sukabumi Update

Soal Sistem Pertahanan Indonesia, Ganjar: Teknologi Sakti Hingga Rudal Hypersonic

Ganjar Pranowo, Calon Presiden Nomor 3 | Foto : Capture Youtube KPU

SUKABUMIUPDATE.com - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo ingin mendorong sistem pertahanan Indonesia masuk ke era 5.0. Pernyataan itu disampaikan dalam debat Pilpres 2024 ketiga melibatkan capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Ganjar awalnya menyampaikan jika sistem pertahanan rakyat mesti dilapisi.

"Pertahanan. Sistem pertahanan rakyat semesta mesti kita dorong kita lapisi dengan pertahanan yang betul-betul berlapis dan kita jadikan benteng pertahanan nusantara sebagai sebuah satu kesatuan," jelas Ganjar.

Ia menyampaikan, dalam rangka hal itu perlu dilakukan penataan gelar pasukan. Terlebih nantinya Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) akan menjadi pusat gravitasi baru maka perlu antisipasi.

"Dan kita perlu melakukan penataan gelar pasukan karena IKN menjadi pusat gravitasi baru, dan ini bagian dari antisipasi terhadap tarung global antara Amerika Serikat dan Tiongkok," tuturnya.

Untuk itu, Indonesia memerlukan sistem pertahanan masuk ke era 5.0. Menurutnya, itu semua perlu anggaran dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) 1 sampai 2 persen dari PDB.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT