Sukabumi Update

Fakta Usai Debat Cawapres: Siapa Paling Negatif Cak Imin, Gibran atau Mahfud?

Debat Pilpres putaran ke 4: Cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD | Foto : capture video youtube

SUKABUMIUPDATE.com - Pakar Drone Emprit, Ismail Fahmi menilai cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memperoleh sentimen negatif paling banyak di media sosial X (dulu Twitter) usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Ahad, 21 Januari 2024. 

Melansir dari tempo.co, hasil analisis sentimen dari percakapan di media sosial X untuk tiga cawapres pada 21 Januari 2024 dari jam 19:00 hingga 22:00. Analisis ini menghitung percakapan yang menggunakan kata kunci nama atau julukan masing-masing cawapres.

"Sebanyak 60 persen dari percakapan adalah negatif, 33 persen positif, dan hanya 7 persen yang netral," ujar pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, dalam postingannya di X, Senin, 22 Januari 2024. Dia menilai ini menunjukkan adanya sentimen yang kurang menguntungkan bagi Gibran.

Baca Juga: Keluarga Berharap Nelayan Sukabumi yang Hilang di Samudra Hindia Ditemukan

Ismail mengatakan, Gibran memiliki volume percakapan yang sama dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yaitu masing-masing 40 persen dari total penyebutan. Cak Imin memiliki sebanyak 141.293 penyebutan, Gibran sebanyak 142.469, dan Mahfud Md sebanyak 71.647. Namun, dia menilai sentimen mereka justru berbeda secara signifikan.

Analisa sentimen usai debat cawapres, 21 Januari 2024 | Foto : Twitter Ismail FahmiAnalisa sentimen usai debat cawapres, 21 Januari 2024 | Foto : Twitter Ismail Fahmi

Menurut Ismail, sentimen positif sangat mendominasi percakapan tentang Cak Imin. "Dengan 80 persen percakapan yang mengarah ke arah yang baik, hanya 6 persen yang negatif dan 14 persen yang netral," tutur dia. Dia menilai ini menunjukkan Cak Imin memiliki dukungan dan citra positif yang kuat di media sosial.

Sementara itu, meski jumlah penyebutannya lebih sedikit, sentimen untuk Mahfud Md mayoritas positif. "Dengan 79 persen percakapan yang mendukung, 12 persen negatif, dan 9 persen netral," ujar dia. Menurut Ismail, meski eksposur medianya lebih rendah, pandangan terhadap Mahfud Md cenderung positif.

Baca Juga: Kampanye Akbar Maheutkeun AMIN Sa Sukabumi, Cak Imin: Optimis Raih 51 Persen

Tiga cawapres 2024, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD bertemu dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center atau JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad malam, 21 Januari 2024. Adu gagasan antara ketiga cawapres ini membahas topik seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Sumber : tempo.co

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT