Sukabumi Update

TKN Minta Bawaslu Usut Dugaan Surat Suara Tercoblos Ganjar-Mahfud di Malaysia

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman. (Sumber : Suara.com/Yasir)

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengungkap adanya dugaan kecurangan Pemilu 2024, berupa ribuan suara yang dicoblos pada paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Malaysia.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, dalam konferensi pers di markas TKN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2024).

"Aktivitas pencoblosan sejumlah sekitar ribuan surat suara secara ilegal untuk pemilih luar negeri di malaysia," kata Habiburokhman dikutip dari suara.com.

Ia menyebut dugaan kecurangan pemilu tersebut diduga melibatkan panitia pemilihan luar negeri atau PPLN dan oknum Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

"Kami minta Bawaslu untuk menindaklanjuti masalah ini secara hukum," kata Habiburokhman.

Baca Juga: 2 Kali Cacat Etik, TPN Ganjar-Mahfud Bakal Gugat Pencalonan Cawapres Gibran ke PTUN

Menurut Habiburokhman, tim hukum TKN Prabowo-Gibran juga telah melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu RI. Dalam laporannya turut menyertakan bukti-bukti berupa video.

"Nanti bisa dilihat saja dan surat suara pilpres yang dicoblos itu pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud," ujarnya.

Selain membuat laporan ke Bawaslu RI, lanjut Habiburokhman, TKN Prabowo-Gibran juga akan mengirimkan tim pencari fakta ke Malaysia.

"Besok kami juga akan mengirimkan tim pencari fakta khusus ke Kuala Lumpur, Malaysia. Kami terbangkan tim, tiga atau empat orang untuk mencari tahu lebih detail tentang masalah ini," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Habiburokhman juga mengajak masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Masyarakat juga bisa membuat laporan kepada kami agar penegakan hukum bisa secara maksimal," pungkasnya.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT