Sukabumi Update

Jokowi Tegaskan Tak Akan Kampanye Pilpres 2024

Presiden Jokowi di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara, 7 Februari 2024. (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Kabinet RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan turun gelanggang untuk berkampanye mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di sisa masa kampanye Pemilu 2024.

"Yang bilang siapa?" kata Jokowi saat ditanya apakah akan kampanye 10 Februari mendatang oleh awak media usai meresmikan jalan tol seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan seksi Indrapura-Limapuluh di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Pada 10 Februari 2024 diketahui merupakan kampanye akbar calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jokowi kembali menegaskan pernyataannya di Halim Perdanakusuma pada Rabu, 24 Januari 2024, bahwa presiden diperbolehkan UU Pemilu untuk berkampanye. Ia pun mengingatkan sudah pernah menunjukkan bunyi aturan tersebut.

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye? saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," tegasnya.

Baca Juga: Eks Petinggi KPK Sebut Jokowi Kehilangan Kompas Moral & Etika: Sarankan Panca Laku

Sebelumnya, Jokowi melontarkan pernyataan mengenai presiden boleh memihak dan berkampanye saat memberikan bantuan pesat secara simbolis ke TNI bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Belakangan, pada Jumat, 26 Januari 2024, di Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi menjelaskan aturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 pasal 281 dan 299 tentang Pemilu.

Karena pernyataannya itu, Jokowi banjir kritik dari berbagai kalangan lantaran dinilai dapat mengakibatkan abuse of power. Pakar hukum mengingatkan, Jokowi luput pada pasal pemilu membatasi dukungan dari seorang presiden dan pejabat-pejabat negara lainnya untuk mendukung atau membuat kebijakan-kebijakan yang menguntungkan salah satu pasangan calon, seperti pasal 282 undang-undang yang sama.

Sempat ada informasi bahwa Jokowi akan berkampanye pada 10 Februari 2024. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep yang merupakan Putra Jokowi sempat berharap Presiden dapat ikut kampanye dengan partainya.

Istana beberapa kali meyakinkan bahwa Jokowi tidak akan kampanye. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga meragukan bahwa Jokowi akan kampanye.

"Feeling saya mungkin tidak kampanye," kata Bahlil, yang juga Politikus Golkar kepada tempo.co di Istana Kepresidenan Jakarta, pada 2 Februari 2024.

Dalam sela kunjungan kerjanya ke Bandung dan Yogyakarta, Jokowi minum teh dan makan bareng dengan putra bungsunya Kaesang yang kini menjadi Ketua Umum PSI. Saat itu sejumlah kader PSI juga ikut. Tapi dia menolak itu disebut sebagai kampanye.

"Nggak tahu. Saya diundang, datang minum teh," kata Jokowi di Bandung Sabtu, 3 Februari 2024.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT