Sukabumi Update

2 TPS di Cicurug Sukabumi Berada di Lokasi Blank Spot

PPK Cicurug Sukabumi melakukan upaya agar di lokasi blank spot bisa ada akses internet | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Satu hari jelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, ada dua tempat pemungutan suara (TPS) di dua Desa di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi yang masih mengalami blank spot atau sulit akses internet.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pihak terkait masih berupaya melakukan penanganan terhadap kondala tersebut.

"Untuk TPSnya, spesifikasinya belum jelas, tetapi untuk titiknya yang satu di Elos Cikurutug Desa Pasawahan, mungkin karena di atas Gunung, yang satu lagi di Kampung Garuda Desa Kuta Jaya," ujar Ketua PPK Cicurug, Dadad Handriyan kepada sukabumiupdate.com, Selasa (13/02/2024),

Menurut Dadad, di beberapa titik itu, jika terkendala hujan deras maka sinyal akan hilang, karena perhitungan suara menggunakan aplikasi yang tentunya menggunakan data (internet), sehingga hubungannya dengan sinyal.

Baca Juga: Mayat Pria Membusuk di Jampangkulon Sukabumi, Ini Identitasnya

"Offline sebenarnya bisa, tetapi kita akan mengalokasikan merek dagang seperti Indosat, apa yang bisa digunakan di situ. Jadi penggunaan media data yang memang bisa mendukung di situ. Misalkan indosat tidak masuk, tapi Simpati masuk, seperti itu paling," katanya.

Selain itu, pihaknya bersama Forkopimcam juga melakukan pengecekan fasilitas kelistrikan yang harus mendukung untuk keperluan di gudang logistik.

"Iya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN, bahkan pihak PLN sudah datang ke gudang, sudah mendapatkan posko untuk Cicurug. Manakala ada kendala kita akan langsung berkoordinasi untuk segera menghidupkan kembali listrik," ujarnya.

Selanjutnya, kata Dadad, persiapan lainnya yaitu dengan pengecekan pengecekan ke sejumlah TPS dan desa-desa untuk pendistribusiannya. Ia menyatakan, ada 355 TPS yang tersebar di Kecamatan Cicurug

"Jadi dimaksimalkan jam empat (tadi) sore itu sudah di lokasi TPS dan TPS sudah selesai, serta juga melihat penempatan atau posisi penyimpanan kotak suara. Apakah itu di lokasi TPS atau di mana gitu, jadi agar bisa kiranya lebih aman dan lebih efisien," paparnya.

Baca Juga: Inovasi Pembiayaan BPR Sukabumi untuk Honorer, Kacab Parungkuda: Persyaratan Mudah

Ia berharap kepada masyarakat khususnya para petugas, untuk menjaga kondisi badan, agar pada saat melaksanakan tugas pemungutan dan perhitungan suara pemilu, dalam kondisi sehat walafiat.

"Kemudian kepada masyarakat, untuk dapat melaksanakan pemilihan dan melakukan pemberian suara atau memberikan hak pilih kita untuk negara, mudah-mudahan tingkat kehadirannya lebih maksimal lagi dari tahun kemarin," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT