Sukabumi Update

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll yang Selalu Ditunggu Saat Pemilu

Ilustrasi surat suara. Berikut ini perbedaan quick count, real count dan exit poll yang harus diketahui dalam memantau hasil pemungutan suara pemilu (Sumber : dok pemilu 2019)

SUKABUMIUPDATE.com - Quick count, real count dan exit poll menjadi hal yang paling ditunggu dalam setiap pemilihan umum (pemilu) baik itu pemilu presiden maupun pemilukada (kepala Daerah).

Hal tersebut ditunggu karena banyak yang penasaran dengan hasil dari perolehan suara masing-masing calon yang berkontestasi.

Namun, mungkin masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari ketiganya yaitu quick count, real count dan exit poll meskipun sama-sama menunjukan hasil perolehan suara.

Baca Juga: Semangat Demokrasi, Pasien ODGJ Antusias Mencoblos di Panti Aura Welas Asih Sukabumi

Untuk itu, berikut ini beberapa perbedaan dari quick count, real count dan exit poll yang perlu diketahui.
Dikutip dari Suara.com, perbedaan mendasar dari ketiganya yaitu dari cara penghitungan suara yang masuk.

Secara metode, quick count dan exit poll hampir sama mengingat keduanya menggunakan sistem perhitungan suara secara cepat.

Yang membedakan keduanya yaitu sampel quick count diambil dari penghitungan surat suara di beberapa TPS representatif yang sudah dipilih, sehingga bisa dibilang jika quick count memprediksi hasil pemilu berdasarkan data dari TPS.

Sedangkan exit poll melakukan penghitungan dengan cara menjadikan pemilih di TPS sebagai responden. Dalam praktiknya, petugas exit poll akan bertanya pada pemilih melalui polling.

Baca Juga: CEK FAKTA: Satu TPS di Papua Tengah Paslon 01 Menang Telak, Paslon Lainnya Nol

Selain itu, exit poll menggunakan demografi pemilih, seperti tingkat pendidikan, latar belakang pemilihan parpol, agama, suku, dan gender untuk menghasilkan data.

Hasil exit polll sendiri tidak memprediski siapa yang akan menang di Pemilu seperti quick count, namun hasilnya akan membantu petugas menginterpretasikan penyebab kemenangan atau kekalahan calon yang diprediksi melalui Quick Count.

Selian kedua metode di atas, ada juga yang namanya real count. Ini adalah metode rekapitulasi hasil pemungutan suara secara berjenjang dan sesuai UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Hasil dari real count ini tidak secepat quick count dan exit poll, namun real count merupakan hasil penghitungan surat suara yang valid dan mutlak menentukan pemenang pemilu.

Itulah perbedaan quick count, real count dan exit poll yang harus diketahui dalam memantau hasil pemungutan suara pemilu.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT