Sukabumi Update

Digagas SCH, Kota Sukabumi Hidupkan Seni Pertunjukan Lewat Festival Kabaret

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas kreatif di Kota Sukabumi mencoba membangkitkan seni pertunjukan yang redup selama masa pandemi Covid-19. Caranya dengan menggelar acara Tiba-Tiba Festival Kabaret 2022 sebagai ajang ekspresi pelaku seni pertunjukan khususnya kabaret.

Rencananya Tiba-Tiba Festival Kabaret 2022 akan digelar pada 22 Oktober 2022 mendatang di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut digagas Sukabumi Creative Hub (SCH) bekerja sama dengan Forum Kabaret Sukabumi.

''Salah satu upaya menghidupkan seni pertunjukan diantaranya melalui festival kabaret 2022,'' ujar Project Manager Tiba-Tiba Festival Kabaret 2022 dari SCH Puri Indah disela-sela kegiatan technical meeting di Rumah Mesra Sukabumi, Minggu, 16 Oktober 2022.

Harapannya festival kabaret ini menjadi lokomotif bangkitnya seni pertunjukan dan sub sektor ekonomi kreatif lainnya. Sebab selain festival kabaret, kata Puri, dilakukan kerja sama juga dengan subsektor lainnya seperti kuliner. Ini ditandai dengan dilibatkannya pelaku UKM dan lomba poster di lokasi acara.

Menurut Puri, ada 10 peserta dari Kota Sukabumi yang akan ikut Tiba-Tiba Festival Kabaret 2022. Kegiatan akan berlangsung dari pukul 09.00 WIB pagi hinga pukul 21.00 WIB.

Ketua SCH Rendy Irlian Kamase menambahkan geliat seni pertunjukan mulai kembali dihidupkan. Seperti saat ini SCH bekerja sama dengan Forum Kabaret Sukabumi menyelenggarakan Tiba Tiba Festival Kabaret 2022.

''Ada 10 peserta se-Sukabumi Raya yang ikut andil dalam festival kali ini didukung beberapa sponsor dan donatur event,'' ujar Rendy. Kegiatan ini akan memperebutkan tiga juara utama dan 15 best.

Rendy menuturkan beberapa tim mempersiapkan penuh kegiatan ini dan antusiasmenya sangat tinggi. Sebab hampir tiga tahun pelaksanan festival kabaret tidak ada karena pandemi.

''Ini momentum baik, makanya setiap peserta sepertinya akan menampilkan karya terbaik,'' ungkap Rendy. Terlebih, Pemerintah Kota Sukabumi mendukung penuh kegitan ini sebagai wadah peningkatan kapasitas pelaku seni di Sukabumi.

Salah seorang peserta Kabaret Epigonen dari SMAN 1 Sukabumi, Niza Randitya, mengatakan para pelaku kabaret sangat bersyukur setelah pandemi bisa kembali tampil. ''Sebelumnya kami pegiat seni pertunjukan sangat terpukul tidak dapat panggung untuk bisa berekspresi,'' kata dia.

Namun, kata Niza, ketika event tersebut kembali digelar, mereka bisa berkarya dan semua tim merasakan yang sama. Harapannya acara ini menjadi event tahunan sebagai wadah berkarya pelaku seni pertunjukan.

SUMBER: SIARAN PERS

#SHOWRELATEBERITA

(ADVERTORIAL)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI