Sukabumi Update

Anak Hanyut Terseret Banjir di Cisaat Dicari Hingga Muara Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pencarian anak berinisial N (7 tahun) asal Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, yang hanyut terseret banjir dan masuk selokan memasuki hari ketujuh, Selasa (18/10/2022). Namun, anak tersebut belum juga ditemukan.

Korpos SAR Basarnas Sukabumi Suryo Adianto mengatakan, di hari ketujuh ini tim SAR melakukan pencarian hingga ke wilayah muara PLTU Palabuhanratu dengan jarak sekitar 50 kilometer dari lokasi Tempat Kejadian Musibah (TKM). 

"Untuk hari ini, kita menerjunkan sekitar 120 anggota dari SAR Gabungan dan kita menggunakan beberapa metode diantara penyisiran darat, tim menggunakan perahu karet sampai di muara PLTU, tim juga melakukan pencarian menggunakan drone dari komunitas drone Kota Sukabumi," kata Suryo. 

Selama 7 hari pencarian, hanya ditemukan celana merah yang diyakini pihak keluarga milik korban. Celana itu ditemukan kurang lebih sekitar 100 sampai 200 meter dari TKM.

“Lokasi penemuan celana ini tempatnya dangkal dan kemarin sudah kita lakukan penyisiran namun memang hasilnya masih nihil," ujarnya.

Suryo menyatakan, Basarnas telah melakukan operasi pencarian sesuai dengan SOP yaitu selama 7 hari. Mengenai diperpanjangnya operasi SAR ini, Suryo menyatakan menunggu hasil evaluasi malam ini 

"Kalau diperpanjang hanya akan melakukan pencarian melalui pemantauan saja dan koordinasi dengan stakeholder dan melihat potensi-potensi yang ada di sekitaran sungai Cimandiri. Intinya kalau untuk diperpanjang mungkin itu menunggu hasil evaluasi malam ini. Tetapi, kalau untuk Basarnas sesuai SOP kita, sudah melaksanakan 7 hari," tuturnya. 

Apabila ada rencana untuk perpanjangan waktu pencarian, maka Basarnas akan melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan Muspika setempat. Hal ini harus dilakukan untuk mengetahui kesanggupan Muspika soal rencana melanjutkan pencarian nanti. 

“Kemarin kita komunikasi dengan pihak keluarga bapaknya, mereka berharap bisa dilanjutkan untuk pencariannya dan evaluasi malam ini akan menentukan apakah besok akan dilanjutkan pihak keluarga atau tidak," ujarnya. 

“Kita akan mengembalikan kepada pihak keluarga korban terkait keinginan mereka untuk melanjutkan walaupun tanpa relawan, dan itu tidak jadi masalah yang penting keluarga yang akan bertanggungjawab sepenuhnya terkait pencarian itu,” kata Suryo.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI