Sukabumi Update

Ratusan Bencana Kepung Sukabumi, DPRD Bicara Pentingnya Kesiapsiagaan Penanganan

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi mengapresiasi kesiapsiagaan Polres Sukabumi dan instansi terkait lainnya dalam upaya mempersiapkan penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, hal itu akan berdampak pada seberapa cepat pemulihan pasca bencana terjadi.

Legislator asal Partai Demokrat itu mengatakan di Kabupaten Sukabumi sangat berpotensi terjadi berbagai bencana alam. Bahkan, informasi yang dia dapat dari BPBD, dari Januari hingga Oktober 2022 telah terjadi ratusan kejadian bencana alam di Kabupaten Sukabumi.

“Kita ketahui bahwa potensi bencana di kabupaten cukup tinggi. Saya mendengar dari kepala BPBD ternyata ada 600 kasus kejadian bencana yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi,” ujar Badri seusai mengikuti apel gelar pasukan siaga bencana di Mapolres Sukabumi, Jumat (21/10/2022).  

“Apalagi bencana alam ini merata di semua kecamatan dan memiliki potensi yang sama. Maka tidak salah kalau Polres Sukabumi melakukan satu langkah-langkah yang sangat baik, usaha ini kita apresiasi untuk melakukan kesiapsiagaan dalam penanganan mitigasi bencana yang ada di Kabupaten Sukabumi,” sambungnya.

Melihat potensi bencana alam di Kabupaten Sukabumi yang luar biasa itu, Badri menyebut melalui pandangan umum dalam rapat paripurna belum lama ini, Fraksi Demokrat sudah mendorong kepada pemerintah daerah agar menaikkan anggaran khususnya untuk penanganan bencana.

“Di dalam pembahasan anggaran tahun 2023 ini, kami menekankan pemerintah daerah memberikan anggaran yang khusus kepada BPBD dengan anggaran yang lebih. Sebab, kita melihat dari potensi bencana yang sangat luar biasa,” ungkapnya.  

Menurutnya, BMKG telah menginformasikan bahwa bencana ini puncaknya diprediksi pada Desember dan Januari. Maka perlu ada persiapan yang sangat matang dengan dukungan anggaran yang memadai.

“Tadi kita dengar Rp 50 miliar untuk penanganan bencana. Artinya dari sisi anggaran sudah siap. Kemudian dari kesiapsiagaan personel dari mulai Polres, Basarnas, Tagana, Pemadam Kebakaran, TNI Polri termasuk masyarakat ini juga harus sudah siap,” katanya.

Reporter: Denis Febrian

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI