Sukabumi Update

Bahas Kerukunan Beragama, Ceramah UAS di Lapang Merdeka Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kehadiran Ustaz Abdul Somad atau UAS di Lapang Merdeka Kota Sukabumi pada Minggu pagi (23/10/2022) disambut antusias ribuan jemaah. Dalam cuplikan ceramahnya, UAS membahas soal kerukunan beragama di Kota Sukabumi.

Dalam cuplikan ceramah tersebut, UAS mengaku menerima pesan WhatsApp dari seseorang yang menyebut di dekat Lapang Merdeka ada gereja tempat orang itu beribadah sewaktu kecil. Menanggapi pesan ini, UAS membahas soal toleransi di Kota Sukabumi.

"Ustaz Abdul Somad, kabarnya besok mau ceramah di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Tolong, nanti sampai di sana lihat sebelah lapangan tempat tabligh akbar ada gereja, itu gereja saya waktu masih kecil," ucap UAS membacakan pesan yang dia terima.

Selanjutnya UAS mengatakan keberadaan gereja tersebut menjadi simbol bagaimana kerukunan tercipta di Kota Sukabumi yang dikenal sebagai Kota Santri. UAS ceramah di Kota Sukabumi memperingati Hari Santri Nasional 2022 sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW. 

"Orang Sukabumi, Kota Santri, mayoritas Muslim, apakah bisa bersama dengan saudaranya yang berbeda agama? Kalau berbeda agama saja bisa, apa lagi sesama (agama)," lanjut UAS.

Diketahui, gereja yang dimaksud adalah Gereja Sidang Kristus. Letak gereja ini berdekatan dengan Masjid Agung Kota Sukabumi dan Lapang Merdeka.


Salah satu jemaah, Jihan Abdillah (26 tahun), mengaku bersyukur bisa menyaksikan secara langsung ceramah UAS di Lapang Merdeka. Dia pun menerima poin yang disampaikan UAS soal kerukunan beragama di masyarakat Kota Sukabumi yang majemuk.

"Itu ditandai dengan simbol masjid agung dan gereja bersebelahan dan tahun politik jangan menjadi ajang untuk saling pecah belah antar warga Sukabumi," kata Jihan.

"Antusias masyarakat yang datang juga menjadi momen yang sangat langka karena Lapangan Merdeka dipadati warga Sukabumi dan sekitarnya," tambah dia.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI